Pekanbaru (ANTARA News) - Pengelola Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru menyebut, arus mudik lebaran tahun ini yang menggunakan transportasi udara mulai terjadi di pekan ketiga Ramadhan.

"Kalau sekarang, masih seperti biasa. Tapi pekan depan atau di pekan ketiga Ramadhan, mulai terjadi itu," kata General Manager Bandara Internasional SSK II, Jaya Tahoma Sirait di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, lazimnya di pekan tersebut mulai terjadi grafik kenaikan penumpang pesawat melewati bandara yang terletak di ibu kota Provinsi Riau.

Para penumpang pesawat untuk arus balik kali ini, katanya, tidak cuma berasal dari kabupaten/kota di Riau saja, tetapi berasal dari provinsi tetangga seperti sejumlah daerah di Sumatera Barat.

"Ini selalu terjadi setiap tahun. Bagi sebagian besar warga Sumbar (Sumatera Barat), memiliki tradisi pulang kampung untuk berlebaran," kata Jaya.

Airport Duty Officer Bandara Internasional SSK II Ongah Siregar menambahkan, pihaknya mencatat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2016 sebanyak 273.075 orang.

Dia mengatakan jumlah tersebut merupakan total penumpang yang tercatat sejak tanggal 24 Juni 2016 lalu sampai 17 Juli 2016.

"Meski rangkaian kegiatan angkutan Lebaran 2016 telah berakhir, tapi catatannya ada sama kita. Ada sebanyak 1.839 kali penerbangan, dan 273.075 orang penumpang, serta bagasi sudah kita layani dengan baik," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk arus mudik dan balik di tahun tersebut, terjadi peningkatan sebesar 10,4 persen dibanding tahun 2015.

"Jika dibandingkan 2015, jelas sekali ada peningkatan. Untuk tahun 2015, kita berangkatkan 247.342 orang. Ada selisih jumlah sekitar 25.733," katanya.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017