Surabaya (ANTARA News) - Ketersediaan tiket Kereta Api kelas ekonomi untuk arus mudik Lebaran 2017 di wilayah PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya hingga pekan ini tersisa 20 persen, dari total 22 ribu bangku yang disiapkan sejak awal Ramadan.

"Yang masih banyak hingga saat ini adalah untuk kelas eksekutif, dengan rata-rata ketersediaan bangku mencapai 60 persen," kata Kepala Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmoko di Surabaya, Selasa.

Gatut mengatakan, Daop 8 Surabaya sebelumnya telah menyiapkan tiket total sekitar 45 ribu per harinya, dengan rincian 50 persen untuk kelas ekonomi, 40 persen kelas eksekutif dan 10 persen kelas bisnis.

Dari rincian itu, kata dia, kelas ekonomi merupakan yang paling diminati masyarakat, sehingga ketersediaan tiketnya hanya sisa 20 persen pada pekan kedua Ramadhan, dengan tujuan rata-rata ke Jakarta, Yogyakarta dan Bandung.

"Layanan KA kelas ekonomi saat ini memang sudah semakin baik, tidak kalah dengan kelas bisnis atau eksekutif. Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat lebih memilih KA kelas ekonomi," tuturnya.

Untuk itu, kata Gatut, Daop 8 Surabaya dalam waktu dekat berencana menambah kembali rangkaian KA ekonomi Lebaran 2017 baru dengan tujuan Jakarta, tujuannya untuk menaikkan kembali ketersediaan tiket mudik kelas ekonomi.

"Waktunya peluncuran KA Baru Lebaran 2017 ini masih sedang dalam pembahasan, dan KA ini diharapkan bisa menambah kuota kelas ekonomi yang saat ini hanya tinggal 20 persen," ucapnya, berharap.

Sementara itu, untuk pemesanan tiket KA Lebaran 2017 bisa dilakukan melalui beberapa laman yang disediakan, seperti kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id dan tiket3.kereta-api.co.id.

Selain itu, masyarakat juga bisa memesan tiket lewat aplikasi pemesanan yang bekerja sama dengan pihak swasta, seperti Traveloka, Trivago atau Pegipegi.com.

(Baca juga: Berita Ramadhan kemarin, Quran emas dan mudik lewat Terminal 3 Soekarno-Hatta)

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017