Tokyo (ANTARA News) - Operator Jepang menyalakan satu reaktor nuklir lainnya pada Selasa, dalam kemenangan kecil atas dorongan pro-atom pemerintah, meskipun ada penentangan dari masyarakat setelah bencana nuklir Fukushima pada 2011.

Pengoperasian kembali reaktor No. 3 di pembangkit listrik tenaga nuklir Takahama menambah jumlah reaktor yang beroperasi di Jepang menjadi lima, sementara puluhan lainnya masih dinonaktifkan.

Pembangkit listrik itu, yang dioperasikan Kansai Electric Power (KEPCO), berada di Prefektur Fukui, sekitar 350 kilometer sebelah barat Tokyo.

Reaktor dioperasikan kembali setelah operator menyalakan reaktor Takahama No. 4 bulan lalu, setelah pengadilan mengizinkan pengoperasiaannya, meskipun ada keluhan dari penduduk setempat mengenai masalah keamanan. Pengadilan juga memberi lampu hijau untuk menyalakan reaktor No. 3.

Jepang mematikan semua reaktor atomnya setelah gempa bumi dahsyat pada Maret 2011 memicu tsunami besar yang menyebabkan terjadinya bencana di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima.

Itu menjadi bencana nuklir terburuk sejak Chernobyl pada 1986, demikian AFP.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017