Saya bisa mengetahui bagaimana main dengan orang Eropa yang posturnya jauh lebih besar dari Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafri merasa puas atas penampilan timnya sepanjang Turnamen Toulon 2017 di Prancis meski menorehkan catatan tiga kali kalah dari tiga laga di Grup C.

Menurut Sjafri yang dikutip dari media Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Rabu, timnas mendapatkan banyak manfaat dari turnamen tersebut mengingat mereka melawan tim-tim kuat yaitu Brasil, Republik Ceko dan Skotlandia.

Dalam laga dengan ketiga negara itu, Indonesia kalah dengan skor tipis yaitu 0-1 kala melawan Brasil, 0-2 kontra Ceko dan 1-2 versus Skotlandia.

"Ternyata sepak bola Indonesia tidak tertinggal jauh dari Eropa. Kalau konsisten, timnas U-19 ini bisa menjadi generasi baru persepakbolaan Indonesia," ujar Indra.

Oleh sebab itu, pelatih yang membawa Indonesia juara Piala U-19 AFF ini melanjutkan, timnas U-19 butuh banyak pertandingan dengan lawan yang secara kualitas lebih baik demi mengembangkan permainan.

Berikutnya, lanjut Indra, dirinya dan tim akan melakukan evaluasi dan bersiap menghadapi turnamen berikutnya. Sejauh ini, dua kompetisi terdekat yang harus diikuti adalah Piala U-18 AFF pada 4-17 September 2017 di Yangon, Myanmar dan kualifikasi Piala U-19 Asia 2018 pada 31 Oktober-8 November 2017 di Korea Selatan.

Sementara itu, pencetak satu-satunya gol Indonesia pada Turnamen Toulon 2017 Hanis Saghara mengaku gembira bisa bermain melawan tim-tim bernama besar di Toulon.

"Saya bisa mengetahui bagaimana main dengan orang Eropa yang posturnya jauh lebih besar dari Indonesia. Namun itu tidak mempengaruhi saya untuk berjuang dan semangat untuk membela negara. Saya dan tim juga meminta maaf kepada rakyat Indonesia untuk semua kekalahan di turnamen ini. Kami sudah menampilkan yang terbaik," tutur Hanis.

Berikutnya, Hanis menegaskan dirinya dan rekan akan berjuang keras di Piala AFF dan kualifikasi Piala Asia agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Tim Indonesia sendiri kembali ke Tanah Air dari Prancis pada Kamis (8/6) dan akan diliburkan sampai Senin (12/6).

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017