Jakarta (ANTARA News) - Komisi XI DPR RI, Rabu, melanjutkan rangkaian uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap para calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah dimulai sejak Senin (6/6).

"Pada hari ini, Komisi XI DPR akan menguji empat calon. Dua orang calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan OJK, dan dua lagi calon Ketua Dewan Audit OJK," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Muhammad Prakosa saat memulai uji kelayakan di Jakarta, Rabu.

Dua orang yang terdaftar sebagai calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan OJK yaitu Edy Setiadi dan Hoesen.

Edy saat ini menjabat sebagai Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK. Sedangkan Hoesen pernah menjabat sebagai Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia sejak 2012.

Sementara itu, dua orang lainnya yang terdaftar sebagai calon Ketua Dewan Audit OJK yaitu Haryono Umar dan Ahmad Hidayat.

Haryono Umar sempat menjabat sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2007-2011. Sedangkan Ahmad Hidayat kini masih menjabat Direktur Departemen Keuangan Internal Bank Indonesia (BI).

Saat ini, uji kelayakan dan kepatutaN terhadap Edy Setiadi tengah berlangsung. Komisi XI DPR nantinya hanya akan memilih satu ketua OJK dan enam anggota dewan komisioner OJK. Sedangkan untuk spesialisasi bidang, sebagaimana yang diatur dalam UU OJK, akan dipilih oleh internal OJK sendiri.

Sebelumnya, pada Senin (5/6), Komisi XI telah menguji empat calon anggota dewan komisioner OJK yaitu Wimboh Santoso, Sigit Pramono, Agus Santoso, dan Riswinandi.

Wimboh dan Sigit terdaftar sebagai calon Ketua Dewan Komisioner OJK, sedangkan Agus dan Riswinandi terdaftar sebagai calon Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK.

Sedangkan pada Selasa (6/6), Komisi XI juga telah menguji empat calon anggota dewan komisioner OJK lainnya yaitu Heru Kristiyana, Agusman, Nurhaida, dan Arif Baharuddin.

Heru dan Agusman terdaftar sebagai calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, sedangkan Nurhaida dan Arif terdaftar sebagai calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017