Jadi, untuk saat ini jangan hanya sekedar menghapal."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meminta masyarakat untuk mendukung Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) agar mengaktualkan semangat dan nilai-nilai Pancasilanya sebagai falsafah hidup sehari-hari.

"Perlu ada implementasi jiwa dan semangat nilai-nilai Pancasila yang harus dipertegas sebagai falsafah hidup kita sehari-hari," katanya di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu.

Dia mendukung pembentukan UKP PIP itu untuk kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), keutuhan bangsa, kemakmuran rakyat dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Namun, Taufik berharap keluaran hasil kerja yang dilakukan UKP PIP itu jangan sekadar seremonial dan jangan sekadar melanjutkan rutinitas, tapi betul-betul diayomi, diresapi, dilaksanakan, diimplementasikan dalam kaitan nilai-nilai Pancasila. (Baca juga: Buya Maarif: Kepercayaan publik terhadap Pancasila jadi tantangan)

"Sudah puluhan miliar rupiah dana APBN dikeluarkan hanya untuk Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Jadi, untuk saat ini jangan hanya sekedar menghapal," demikian Taufik Kurniawan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melantik sembilan orang anggota Dewan Pengarah dan seorang Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP). (Baca juga: Presiden lantik pejabat UKP Pembinaan Ideologi Pancasila)

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017