Washington (ANTARA News) - Facebook mengumumkan tiga fitur baru untuk meningkatkan keterlibatan pengguna mereka di Amerika Serikat di platform dengan kemudahan terhubung ke wakil rakyat terpilih.

Fitur baru ini terlihat sebagai upaya perusahaan tersebut untuk memperbaiki citra sebagai sumber informasi terpercaya setelah kritik yang menyatakan Facebook tidak cukup memerangi berita yang menyesatkan pada kampanye pemilu presiden November lalu. 

Pengguna dapat menyalakan fitur “Constituent Badges” untuk melihat wakil rakyat yang ada di wilayah tempat tinggal mereka.

Lencana akan muncul saat pengguna berkomentar di sebuah konten yang dibagikan oleh perwakilan federal, negara bagian maupun lokal, seperti dikutip dari Reuters.

Fitur “Constituent Insights” akan membantu pejabat terpilih dan pengguna lainnya untuk menemukan berita lokal yang sedang populer di distrik mereka.

Facebook juga membuat “District Targeting” agar laman politikus dapat menjangkau target konstituen mereka.

Facebook masih mendapat kritik dari petinggi demokrat dan juga beberapa ahli teknologi meski sudah membuat perubahan selama beberapa bulan belakangan demi membantu konsumen mendapat berita politik yang terpercaya.

Hillary Clinton pekan lalu mengatakan Facebook dibanjiri informasi tidak benar mengenai dirinya saat kampanye sehingga menyesatkan orang. 

Ia ingin Facebook mengkurasi jaringan mereka secara lebih agresif.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017