Jika tidak diatur dengan baik akan macet hingga Cawang maka polisi akan ditempatkan di titik penumpukan arus itu
Jakarta (ANTARA News) - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan meninjau kesiapan pos arus mudik Lebaran di sepanjang jalan Tol Jakarta-Bekasi yang rawan terjadi kemacetan arus lalu lintas.

"Saya melaksanakan pemantauan arus mudik pertama yang melalui jalan tol," kata Iriawan di Jakarta Kamis.

Ia mengatakan, Polda Metro Jaya mendirikan empat pos di sepanjang jalan Tol Jakarta-Bekasi termasuk pos pada KM 11 yang menjadi titik kemacetan arus lalu lintas karena merupakan pertemuan arus dari Samper dan JORR.

Selain mendirikan pos, Kapolda menyiapkan anggota kepolisian lalu lintas yang menggunakan sepeda motor untuk mengurai kemacetan.

Iriawan menyebutkan KM 11 Tol Jakarta-Bekasi merupakan titik pertama kemacetan arus mudik kemudian tempat istirahat KM 19.

KM 19 merupakan rest area pertama sehingga ketika pengendara antre mengisi bahan bakar akan berdampak pada kemacetan arus lalu lintas.

"Jika tidak diatur dengan baik akan macet hingga Cawang maka polisi akan ditempatkan di titik penumpukan arus itu," ujar mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Iriawan menambahkan petugas kepolisian akan menyiapkan rekayasa lalu lintas saat terjadi penumpukan kendaraan termasuk contraflow.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017