Jakarta (ANTARA News) - Pasukan Garuda yang akan ambil bagian dalam kejuaraan bulu tangkis Indonesia Terbuka 2017 pada 12-18 Juni 2017 bisa dibilang cukup banyak dengan diperkuat sedikitnya oleh 115 pemain.

Dipantau dari laman tournamentsoftware di Jakarta, Kamis, dalam turnamen berlabel Superseries itu, nomor ganda putri menjadi penyumbang terbanyak dengan 38 pemain atau 19 pasangan yang akan berebut gelar juara di sana.

Di antara 19 pasangan tersebut, pasangan baru yang terakhir berhasil menggondol juara di turnamen Grand Prix Gold, Thailand Terbuka 2017, Greysia Polii/Apriani Rahayu juga akan turut serta dalam turnamen yang akan berlangsung di Jakarta Convention Centre itu dengan langsung berlaga di babak utama.

Pasukan Indonesia terbanyak berikutnya adalah di nomor ganda campuran yang menurunkan 30 pemain atau 15 pasangan dalam turnamen dengan total hadiah satu juta dolar AS tersebut.

Bisa dibilang ganda campuran menurunkan seluruh kekuatan terbaiknya dengan adanya nama peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan peraih gelar juara All England 2016, Praveen Jordan/Debby Susanto.

Ada juga pasangan ganda campuran lainnya seperti Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani Alfian dan Eko Prasetyo/Annisa Saufika serta ganda campuran Indonesia lainnya.

Ganda putra juga menurunkan sebanyak 30 pemainnya atau 15 pasangan yang diisi olen nama-nama seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama, Berry Angriawan/Hardianto, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Aprida Gunawan/Markis Kido yang langsung berlaga di babak utama.

Selain itu, pasangan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro juga sudah menyatakan kehadirannya di kejuaraan ini. namun Ahsan/Rian harus memulai langkahnya dari babak kualifikasi terlebih dahulu.

Di sektor tunggal, nomor tunggal putri menjadi yang terbanyak dengan menurunkan 12 nama yang akan bersaing dengan bintang-bintang dunia. Sayangnya hanya tiga nama tunggal putri saja yang bisa langsung bertanding di babak utama yaitu Fitriani, Dinar Dyah Ayustine dan Hana Ramadhini.

Sementara itu, nomor tunggal putra hadir dengan jumlah pemain yang paling sedikit di antara lima nomor lainnya, nomor tersebut hanya menurunkan lima pemain saja yang akan ambil bagian dalam turnamen itu.

Dari lima pemain itu, Ihsan Maulana Mustofa dan pemain senior Sony Dwi Kuncoro harus memulai turnamen dari babak kualifikasi. Sementara Tommy Sugiarto, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie bisa langsung bermain di babak utama.

Jumlah itu sendiri belum termasuk pemain-pemain berkebangsaan Indonesia yang berpasangan dengan pemain dari negara lain, seperti Hendra Setiawan, Ririn Amelia dan lain sebagainya.

(T.R030/S027)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017