Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan membatah kehadirannya bersama Hanafi Rais dalam rapat perdana Pansus Hak Angket KPK karena didesak oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, karena kehadirannya mewakili Fraksi PAN DPR RI.

"Saya dan Mas Hanafi hadir di Pansus KPK mewakili Fraksi PAN karena mendadak, dalam arti banyak kegiatan agenda teman-teman bersamaan dengan rapat Pansus KPK," kata Taufik di Gedung Nusantara II, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Amien memberikan semangat moral kepada anggota FPAN dan sejauh baik maka akan didukung mantan Ketua MPR tersebut.

Taufik meminta untuk menunggu keputusan Fraksi PAN mengenai tiga nama yang akan dikirimkan ke Pansus Angket KPK.

Menurut dia, Hanafi Rais saat ini sedang melaksanakan umrah di Mekkah, Arab Saudi sehingga posisi Hanafi pada rapat perdana Pansus KPK hanya mewakili PAN.

"Karena Mas Hanafi sedang umrah baru saja berangkat, kita minta fraksi untuk melengkapi kaitan dengan tiga nama anggota pansus dari PAN yang ini sesuai dengan mekanisme di fraksi," ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP PAN itu mengatakan posisi Hanafi Rais mendukung sikap Fraksi PAN dan seluruh anggota fraksi mengikuti keputusan DPP PAN.

Menurut dia seluruh anggota PAN mengikuti keputusan partai dan masukan tokoh-tokoh senior PAN seperti Amien Rais.

Sebelumnya dalam rapat Pansus Angket KPK perdana dengan agenda pemilihan Pimpinan Pansus pada Rabu (7/6), Fraksi PAN diwakili Taufik Kurniawan dan Hanafi Rais dalam daftar kehadiran.

Dalam rapat itu terpilih Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa (FGolkar), dan tiga Wakil Ketua Pansus yaitu Risa Mariska (FPDI Perjuangan), Taufiqulhadi (F-Nasdem), dan Dossy Iskandar (F-Hanura).

(T.I028/T007)

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017