Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Garuda Muda Tim Indonesia U-16 berhasil unggul 4-0 dalam laga pertandingan ujicoba melawan Singapura yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Kamis malam, mulai pukul 20.30 WIB.

"Pada pertandingan ujicoba ini Garuda Muda menggunakan formasi 4-3-3 dengan strategi serangan balik dan reaksi cepat. Namun Singapura juga menggunakan formasi 4-3-3 dengan sistem bertahan," kata Pelatih Tim Indonesia U-16, Fakhri Husaeni di Kabupaten Bekasi, Kamis.

Menurut dia dalam laga uji coba ini anak asuhannya sudah berhasil unggul dan maksimal. Namun memang diakui masih ada beberapa catatan penting untuk memodifikasi permainan.

Pada babak pertama Garuda muda terus menyusun serangan dengan menerobos sisi pertahanan dan pada menit 26 berhasil memasukkan bola melalui tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh Brylian Negiehta Dwiki Aldama bernomor punggung delapan yang dijaga ketat oleh penjaga gawang Dylan Christopher Goh Hsien Chun dari Singapura.

Dengan masuknya satu gol ke gawang Singapura, Garuda Indonesia Muda lebih gigih dan terus mencoba membangun serangan. Namun usaha itu belum membuahkan hasil kembali.

Tetapi pada menit 37, anak-anak asuhannya berhasil memasukkan gol. Namun, bola tersebut diklaim oleh wasit Thoriq Alkatiri sebagai gool ofside. Sekor tidak berubah unggul sementara Indonesia dengan 1-0.

Sampai pluit panjang babak pertama ditiup wasit, skor tidak berubah unggul sementara Indonesia 1-0. Tetapi dalam laga ini belum selesai, tentunya akan tetap bersemangat untuk melanjutkan pertandingan ke babak kedua.

Ia menambahkan pada babak kedua antara Tim Indonesia Muda U-16 melawan Singapura kembali membuahkan hasil pada menit sembilan berhasil membobol gawang lawan melalui tendangan Sukra Yatul Fajra bernomor punggung 25.

"Gol kedua itu muncul dari umpan dari pemain belakang Tim Singapura. Dan kedudukan sementara 2-0," katanya.

Kemudian Garuda Muda terus melakukan serangan-serangan dari sisi sayap, dan tengah.

Dan pada menit 17 wasit memberikan hadiah untuk Indonesia tendangan penalti yang dieksekusi oleh Rayhan Azryal Syahputra dengan nomor punggung 19.

Pemberian tendangan pinalti ini dikarenakan kesalahan pemain belakang yang melakukan tackling keras.

Namun, pada menit 83, melalui umpan silang dari sisi sayap dan disambut oleh Yadi Mulyadi dengan nomor punggung 23 berhasil membobol gawang Tim kesebelasan Singapura.

Sementara itu, Pelatih Tim Singapura U-16, Sofian Hamid mengatakan dalam pertandingan uji coba ini anak asuhannya sudah cukup baik mengolah permainan.

Namun memang cukup diakui Tim Garuda Muda dapat lebih maksimal dan bermain reaksi cepat. Tetapi dalam pertandingan ini hanya uji coba.

Pertandingan ini nantinya akan dilakukan pengkajian ulang strategi guna melakukan tanding perdana pada piala AFF 2017 untuk U-16.

Pewarta: Mayolus Fajar D
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017