Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan melakukan kunjungan kerja ke Oslo, Norwegia pada 11-13 Juni 2017, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat.

"Rencana kunjungan Menteri Luar Negeri ke Oslo, Norwegia pada 11-13 Juni 2017. Menurut rencana Menlu RI akan berangkat besok malam dan tiba di Norwegia pada 11 Juni untuk dua kegiatan utama," ujar Arrmanatha.

Menurut dia, selama kunjungan di Norwegia Menlu Retno akan menghadiri dua pertemuan, yaitu Komisi Konsultasi Bilateral Indonesia-Norwegia yang ke-3 dan Forum Oslo.

Untuk Forum Oslo, Menlu akan berbicara pada sesi plenary dengan tema "Peace Making in the New Era of Geopolitics".

Arrmanatha mengatakan bahwa Indonesia dan Norwegia menjalin kerja sama yang sangat dekat, khususnya untuk isu-isu yang terkait dengan perubahan iklim, masalah kelautan dan perikanan, kerja sama di bidang energi dan energi terbarukan, serta kerja sama HAM dan dialog antarkepercayaan.

Direktur Eropa II Kementerian Luar Negeri Tyas Baskoro Her Wicaksono Adji menyebutkan bahwa Menlu RI pada 12 Juni akan menghadiri konsultasi bilateral Indonesia-Norwegia yang telah dimandatkan melalui nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Menlu kedua negara.

"Indonesia dan Norwegia mempunyai banyak isu yang dapat ditangani bersama, terutama di bidang lingkungan hidup, seperti upaya pengurangan emisi karbon," ujar Wicaksono.

Di bidang perikanan, lanjut dia, Norwegia mendukung Indonesia untuk mendorong agar isu IUU Fishing (penangkapan ikan secara ilegal) di dunia internasional dapat dianggap sebagai kejahatan lintas batas.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017