Jakarta (ANTARA News) - Fenox Venture Capital bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif kembali mengadakan kompetisi Startup World Cup 2018 untuk regional Indonesia pada September mendatang.

"Yang terpenting dari kegiatan ini adalah memberi kesempatan startup muncul," kata Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, saat jumpa pers di Jakarta, Jumat petang.

SWC merupakan rangkaian kompetisi dan konferensi startup global, bertujuan untuk menjembatani startup di seluruh dunia. 

30 acara regional akan diadakan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.

Perwakilan dari masing-masing regional akan bersaing di babak final SWC yang akan diadakan di Fox Theatre, Redwood City, California pada 11 Mei 2018.

Pada Startup World Cup 2017 yang diadakan beberapa waktu lalu, Ahlijasa dari Indonesia menjadi runner-up.

Pendaftaran SWC Regional Indonesia dibuka mulai 2 Juni hingga 8 September 2017, melalui situs startupworldcup.io.

10 finalis terpilih akan memberikan paparan di depan juri, antara lain Kepala Bekraf Triawan Munaf, Direktur Lippo Group John Riady, CEO Zalora Indonesia Anthony Fung, pendiri Go-Jek Nadiem Makarim dan Ashraf Sinclair dari Venture Partner 500-startups, di Balai Kartini pada 22 September mendatang.

Selain itu, untuk menumbuhkan potensi startup di luar kota Jakarta dan pulau Jawa, Bekraf juga mengadakan roadshow berupa acara bincang-bincang dan mentoring di Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Bali dan Batam sepanjang Juli-Agustus 2017.

Direktur Eksekutif SWC 2018, Chris Abshire menyatakan ajang ini adalah salah satu cara untuk mendorong ekosistem startup di Indonesia.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017