Los Angeles (ANTARA News) - Adam West, aktor Amerika yang terkenal sebagai bintang film serial televisi ABC 1966-1968 "Batman", meninggal dalam usia 88 tahun.

West tutup usia pada Jumat malam (9/6) di rumahnya di Los Angeles, setelah berjuang melawan leukemia, demikian isi pernyataan dari keluarganya di Facebook.

"Dengan sangat sedih kami berbagi berita ini ... Adam West menghembuskan nafas terakhir dengan damai tadi malam, setelah perjuang singkat tapi berani melawan leukemia," tulis juru bicara keluarganya pada Sabtu di laman Facebook aktor tersebut.

"Ia adalah ayah, suami, kakek dan kakek-buyut yang penuh cinta. Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa kami kehilangan dia," kata pernyataan itu, sebagaimana dikutip Xinhua.

Karir aktor tersebut, yang dilahirkan dengan nama William West Anderson pada 19 September 1928, berlangsung selama tujuh dasawarsa. Aktor yang dikenal dengan nama Adam West itu telah membuar rekor dengan 156 kali tampil di layar sebagai "Batman", termasuk 120 penampilan langsung dalam serial televisi, selain beberapa serial animasi.

Adam West juga meraih penghargaan luas sebagai pengisi suara Wali Kota Quahog Adam West dalam serial animasi Fox "Family Guy". Ia melakukan banyak pekerjaan pengisian suara di beberapa tayangan televisi seperti di karya Disney Channel "Jake and the Neverland Pirates" dalam beberapa tahun belakangan.

Menurut City News Service, karangan bunga akan diletakkan di bintang Adam West di 6764 Hollywood Blvd pada Sabtu. Ia dianugrahi bintang di Hollywood Walk of Fame pada 5 April 2012.   (Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017