Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas penanganan arus mudik lebaran sehingga kekurangan yang terjadi pada tahun lalu tak terjadi lagi.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta Minggu malam, Hidayat Nur Wahid mengatakan dalam setiap kesempatan menjelang lebaran masyarakat selalu melakukan perjalanan pulang kampung sehingga kegiatan tersebut dapat diantisipasi sejak awal.

Menurutnya seharusnya persiapan transportasi untuk mudik lebaran dilakukan sepanjang waktu sehingga dalam pelaksanaannya dapat optimal.

"Ada atau tidak ada mudik harus siap," katanya.

Frekuensi masyarakat pulang ke kampung halamannya, menurut Hidayat tidak hanya terjadi saat menjelang lebaran. Pada saat pelaksanaan hari besar atau hari libur nasional, kerap kali juga dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi sanak saudara di daerah asal.

"Jadi seharusnya urusan transportasi, kelancaran dan keselamatan harus dipersiapkan sepanjang waktu," katanya.

Meski demikian, Wakil Ketua MPR RI itu tetap mengapresiasi persiapan menjelang mudik lebaran yang dilakukan pemerintah saat ini.

"Ini harus menghadirkan keselamatan warga saat berlebaran," tegasnya.

Hidayat berharap kemacetan parah seperti yang terjadi tahun lalu di kawasan Brebes tidak lagi terjadi karena dampaknya merugikan masyarakat.

(P008/H007)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017