Jakarta (ANTARA News) - Kemeriahan Ramadan di New York, 12 titik jalur mudik Karawang rawan macet, dermawan bagikan sedekah Rp1 miliar di Makassar, mencicipi menu buka puasa di daratan Tiongkok, hingga resep Nastar Keju dengan memanfaatkan panci pengukus, menjadi lima berita Ramadan kemarin yang masih layak baca.

1. Ramadhan di New York

Jakarta (ANTARA News) - Kemeriahan Ramadhan di New York benar-benar tak sama seperti Jakarta. Tak ada restoran yang menutup jendela dengan tirai pada siang hari atau adzan Magrib yang terdengar dari pelantang masjid di tiap jengkal kota.

"Di Jakarta nuansa Ramadhan terasa di mana pun kita pergi, tapi di New York butuh usaha untuk merasakan itu," kata Muhammad Daud, mahasiswa New York University, pada ANTARA News, Minggu.

Masjid adalah salah satu tempat untuk merasakan suasana Ramadhan yang kental karena ada acara berbuka puasa bersama, lalu shalat tarawih berjamaah.

Baca selengkapnya di sini.

2. 12 titik jalur mudik Karawang rawan macet

Karawang (ANTARA News) - Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan terdapat 12 titik rawan macet di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang, mulai dari perbatasan Bekasi hingga perbatasan Subang.

"Titik rawan macet itu terdiri atas jembatan layang dan persimpangan jalan," kata Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Baca beritanya di sini.

3. Dermawan bagikan sedekah Rp1 miliar di Makassar

Makassar (ANTARA News) - Salah seorang pengusaha sekaligus dermawan, H Ambo Rukka membagi-bagikan sedekah hartanya bagi masyarakat kurang mampu, dan tukang becak diperkirakan mencapai Rp1 miliar, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Pembagian sedekah berupa uang tunai tersebut dimulai sejak siang hingga menjelang buka puasa, ribuan masyarakat sekitar dan dari luar berbondong-bondang datang ke rumahnya di jalan Mairo nomor 32, Veteran Utara, Makassar untuk mendapatkan sedekah.

Untuk orang dewasa diberikan Rp50.000 sedangkan anak-anak mendapat Rp20.000. Pembagian zakat sedekah itu memang rutin dilakukan saat memasuki pertengahan Ramadhan sebagai bentuk zakat harta.

Berita lengkapnya di sini.

4. Mencicipi menu buka puasa di daratan Tiongkok

Tuntas sudah lapar dan dahaga yang tertahan selama hampir 17 jam begitu bel berdering di pelataran Masjid Niujie, Beijing, Sabtu (10/6) tepat pukul 19.42 waktu setempat atau 18.42 WIB.

Suguhan berupa semangka, kurma, pisang, dan air putih yang sebelumnya tertata rapi di atas meja-meja bundar tandas sebelum adzan magrib dikumandangkan.

Baca selengkapnya di sini.

5. Menu Ramadan - Nastar Keju dengan memanfaatkan panci pengukus

Jakarta (ANTARA News) - Ingin membuat nastar tapi tidak punya oven? Coba praktikkan resep praktis membuat nastar keju dengan memanfaatkan panci pengukus.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017