Jakarta (ANTARA News) - Setelah meluncurkan Vivo V5 di pasar Indonesia pada November lalu, kemudian merilis Vivo V5 Plus pada Februari  2017, Vivo melanjutkan kehadiran seri V5 dengan memperkenalkan Vivo V5s.

Vivo V5s resmi meluncur ke pasar Indonesia pada 10 Mei 2017 dengan harga Rp3.799.000. Perangkat tersebut cocok bagi Anda yang sudah bosan dengan selfie yang biasa-biasa saja.

Pasalnya, Vivo V5s dibekali teknologi new selfie softlight yang menjadi solusi kulit cerah alami dan fitur group selfie dengan kombinasi mode panorama yang membuat hasil swafoto ramai-ramai terlihat sempurna tanpa perlu berdesakkan.

Selain mengusung kamera depan 20MP yang menjadikan foto "Perfect Selfie", seperti jargon Vivo, perangkat tersebut juga dilengkapi ruang memori penyimpanan yang lebih luas dengan ruang mermori tambahan.

Tidak hanya itu, handset tersebut juga memiliki kelebihan beberapa hal dalam spesifikasi. Berikut ulasan ANTARA News untuk Vivo V5s.


Video unboxing Vivo V5s

Desain

Masih dalam keluarga seri V5, dilihat dari bentuknya Vivo V5s mirip dengan saudara-saudaranya. Ukurannya pun persis sama dengan V5 dan V5 Plus, yaitu 5,5 inci (13,97 cm). Bedanya, V5s memiliki resolusi layar HD (720x1280 piksel), tidak seperti V5 Plus yang sudah Full HD (1080x1920 piksel).

Meski demikian, V5s mengadopsi panel IPS (In-Plane Switching) yang sama dengan V5 Plus, dengan kepadatan layar mencapai 267 ppi, sehingga tampilan gambarnya sangat jernih, dan bisa diandalkan untuk menikmati konten video maupun untuk bermain game.

Memiliki dimensi 153,8x75,5x7,55 mm, layar V5s juga telah dilindungi corning Gorilla Glass dengan lengkung 2.5D mengacu pada kelengkungan di tepian kaca.

Dengan body yang terbilang besar, Vivo V5s masih nyaman digunakan dengan satu tangan, terlebih bobotnya hanya 154gram. Meskipun, memang, menggunakan dengan dua tangan akan jauh lebih nyaman.

Desain sleek unibody juga memberikan tampilan yang elegan, seperti yang digunakan ANTARA News varian rose gold, dan ada pula varian crown gold.

Tidak hanya itu desain tersebut juga membuat V5s nyaman saat digenggam.Di bagian depan, Vivo menempatkan LED notifikasi di sisi atas serta sensor pemindai sidik jari di bagian bawah. Di bagian samping kanan terdapat tombol volume dan tombol kunci, sedangkan di samping kiri terdapat hybrid slot SIM yang berisi 1 micro SIM dan 1 nano SIM.

Di bagian bawah terdapat port audio jack 3.5mm dan USB port 2.0. Sedangkan di bagian belakang relatif simpel di mana hanya terdapat kamera berserta flash dan tulisan "VIVO".

Software

Vivo V5s dibekali sistem operasi Android Marshmallow 6.0 dengan Funtouch OS 3.0, launcher bawaan Vivo yang menghadirkan beberapa bloatware (aplikasi pre-instal) di dalamnya.

Kemampuan antarmuka Vivo tersebut menghadirkan kemudahan penggunaan. Terdapat fitur smart split 2.0 (pembagian layar pintar) yang memudahkan dalam kegiatan multi-tasking.

Saat pesan diterima dengan aplikasi berjalan dalam tampilan layar penuh, pesan tersebut akan ditampilkan sebagai ikon melayang, sehingga Anda dapat menangani kedua aplikasi dengan mudah.

Fitur tersebut dapat diaplikasikan pada setiap aplikasi seperti Video dan YouTube dengan menampilkan notifikasi aplikasi lain seperti Pesan dan WhatsApp sebagai ikon melayang.

Antarmuka Vivo tersebut juga membawa fitur Apps Clone yang membantu menggandakan aplikasi yang sangat bermanfaat jika memiliki dua akun media sosial dalam satu smartphone.

Aplikasi yang didukung fitur Apps Clone antara lain WhatsApp, BBM, Line dan Viber. Fitur tersebut mempermudah menjalankan dua akun berbeda dalam waktu bersamaan.

Pada Funtouch OS 3.0 Anda juga dapat mengatur beragam konfigurasi agar tampilan antarmuka jadi lebih menyenangkan. Selain mengganti jenis dan ukuran font, Anda bisa mengubah tema. Bahkan, terdapat aplikasi khusus i-Theme di mana Anda dapat mengunduh tema.

Hardware

Dari segi dapur pacu, meski Vivo V5s mengandalkan chipset MediaTek, perangkat tersebut dipersenjatai prosesor octa-core 1.5GHz Cortex A53 yang telah mengadopsi 64-bit,sehingga performanya bisa diandalkan untuk menjalankan aplikasi berat.

Chipset MT6750 tersebut disokong oleh RAM 4GB dan grafis Mali-T860 MP2 yang membuat menonton video HD atau pun bermain game terasa lebih menyenangkan.

Untuk penyimpanan, V5s memiliki ruang yang luas, melebihi V5 yang 32GB, yaitu 64GB. Luar biasanya, Vivo bahkan menambahkan memori eksternal yang dapat memperluas memori penyimpanan hingga 256GB pada V5s, yang tidak dimiliki V5 Plus.

Berdasarkan benchmark tes PCMark for Android, performa V5s diberi nilai 3156 yang dapat disandingkan dengan HTC One (M8), Huawei G7 Plus ataupun Samsung Galaxy Tab S 10.5.

Namun, Vivo V5s memiliki nilai lebih tinggi dibanding perangkat-perangkat tersebut dari segi daya tahan baterai. Hasil pengujian PCMark for Android menunjukkan bahwa V5s dapat berjalan selama 8 jam 53 menit.

Hal tersebut dikarenakan V5s dibekali baterai yang luamayan besar dengan kapasitas 3000mAh.

Pilihan konektivitas antara lain Wifi 802.11 b/g/n, Wifi Hotspot Mobile (Tethering), bluetooth v4.0, microUSB 2.0, Volte, 4G, A-GPS, Glonas.

Kamera

Memiliki jargon "Perfect Selfie", V5s memiliki kamera depan dengan resolusi 20MP yang dirancang khusus dengan sensor Sony IMX376. Tidak hanya itu, Vivo juga membenamkan teknologi Selfie Softlight terbaru.

Saat ANTARA News menjajal kamera depan V5s, teknologi tersebut membuat kulit tetap cerah meski dalam pencahayaan yang kurang.

Teknologi tersebut juga dapat dikombinasikan dengan fitur "Wajah Cantik" yang ada dalam aplikasi Kamera. Menariknya, tidak seperti aplikasi-aplikasi "penyulap" wajah, hasil foto tidak terlihat "lebay", namun menjadikan wajah cantik alami.

Hasil tangkapan kamera depan V5s bahkan dapat ditandingkan dengan kamera belakang ponsel pintar brand lain, seperti yang terlihat pada foto berikut.


Hasil tangkapan kamera depan Vivo V5s

Demikian pula dengan kamera belakang. Memiliki resolusi 13MP yang didukung dengan teknologi PDAF, membuat kinerja kamera menjadi lebih cepat, sehingga dapat mengabadikan setiap momen dengan sempurna.

Ditambah teknologi Ultra HD menjadikan hasil jepretan jauh lebih jernih dan lebih terang, seperti pada foto berikut, di mana kamera belakang V5s dapat menangkap momen cepat dengan detail bulir air yang terlihat jelas, layaknya hasil foto tangkapan kamera profesional.


Hasil foto kamera belakang Vivo V5s

Bagi mereka yang senang berkuliner dan gemar mengabadikan foto-foto makanan, Vivo V5s dapat diandalkan, baik siang hari maupun saat minim cahaya pada malam hari.

Tak hanya bagi mereka yang suka memotret makanan, bagi mereka yang doyan mengambil swafoto, dengan dibekali kamera wide angle Vivo V5s mampu mengambil latar sekaligus.

Wide angle tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk selfie bersama teman-teman dan keluarga besar. Saat ANTARA News mencoba wefie, kamera depan V5s mampu mengambil gambar sembilan orang, di tambah dengan latar belakang.

Sayangnya, proses pengambilan gambar dari kamera depan V5s memakan waktu yang cukup lama dibanding kamera depan ponsel kebanyakan.

Kesimpulan

Dalam hal performa tidak menonjol, akan menonjol jika dibekali chipset yang lebih bertenaga. Meski demikian spesifikasi yang yang dihadirkan Vivo V5s telah mampu mengimbangi kamera yang menjadi fitur yang menonjol dari ponsel tersebut.

Dengan kamera yang bisa dikatakan melebihi kamera smartphone di kelasnya, Vivo V5s cocok bagi mereka yang suka selfie dan fotografi.

Berikut kumpulan hasil foto dan video yang diambil dari kamera Vivo V5s.


(Baca juga: Vivo V5s resmi meluncur, berapa harganya?)

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017