Yang membuat jalan rusak itu bukan jumlah kendaraan, tapi berat kendaraan."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjamin kualitas jalan tol Pejagan-Pemalang layak untuk digunakan oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan kecil pada Lebaran 2017 atau Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kalau kualitas jalan tol fungsional itu jalannya sudah dibeton 10 sentimeter. Kualitasnya baik dan tahan lama," katanya dalam Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Operasi Ramadniya 2017 di Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri), Jakarta, Senin.

Pihaknya pun memastikan bahwa penggunaan sementara jalan tol tersebut tidak akan menimbulkan kerusakan pada pekerjaan jalan yang sudah selesai dikerjakan.

"Yang membuat jalan rusak itu bukan jumlah kendaraan, tapi berat kendaraan," katanya.

Tol Pejagan-Pemalang kini baru menyelesaikan pengerjaan ruas Brebes hingga Gringsing, Batang. Jalur tol sepanjang 110 kilometer tersebut akan dibuka secara fungsional bagi kendaraan kecil pada sepuluh hari sebelum (H-10) Lebaran atau Kamis (15/6) untuk keperluan mudik.

Basuki mengatakan pihaknya telah menyiapkan 11 tempat istirahat (rest area) di sepanjang jalur tol Brebes hingga Gringsing, Batang di Provinsi Jawa Tengah.

"Di tol 110 kilometer itu ada 11 rest area," kata

Setiap tempat peristirahatan itu mampu menampung lebih dari 100 kendaraan dan dilengkapi restoran, minimarket maupun pos komando (posko) kesehatan, serta pos polisi, demikian Basuki Hadimuljono.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017