Sidoarjo (ANTARA News) - Komisi VI DPR RI memantau ketersediaan pasokan di Gudang Bulog Subdivre Surabaya Utara yang ada di Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, menjelang pelaksanaan Lebaran 2017.

Ketua rombongan Komisi VI DPR RI Azam Asman, Senin, mengatakan saat ini pasokan bahan pangan sudah cukup bagus.

"Termasuk juga harga sudah cukup bagus tidak bergejolah seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Harga cukup stabil," ujarnya saat melakukan kunjunga di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, sesuai dengan peraturan perundangan nomor 7 tahun 2014 disebutkan jika pemerintah wajib menjaga pasokan bahan pangan.

"Hal inilah yang ingin kami buktikan dengan turun langsung secara spesifik ke sejumlah pasar tradisional di Surabaya dan juga di Gudang Bulog di Buduran Sidoarjo ini," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mewanti-wanti kepada Bulog supaya lebih berhati-hati dalam melaksanakan segala sesuatunya.

"Harus lebih berhati-hati, jangan sampai jadi hal yang sama terjadi seperti yang terjadi pada kasus PT Garam beberapa waktu lalu," ujarnya.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Wahyu Suparyono mengatakan, saat ini stok bahan pangan yang ada di Bulog Divre Jawa Timur masih mencukupi.

"Untuk cadangan beras, saat ini masih bisa mencukupi untuk sepluh bulan kedepan," ujarnya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, untuk komoditas lainnya seperti gula saat ini sebanyak 428 ribu ton, jagung sebanyak 118 ribu ton.

"Selain itu juga ada bawang merah sebanyak 3.340 kilogram, tepung terigu sebanyak 35 ton, minyak 248 ribu liter, dan cabai 300 kilogram," ucapnya.

Ia menambahkan, Jatim saat ini menjadi penyokong komoditas yang ada di Indonesia Timur dengan pergerakan "move out" dari satu gudang ke gudang lainnya.

"Kami memiliki 3.795 Rumah Pangan Kita (RPK) yang diharapkan bisa membantu menstabilkan harga kebutuhan bahan pangan saat ini," ucapnya.

(T.KR-IDS/B015)

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017