Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan, Senin, meninjau lokasi kebakaran Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur yang langsung menghampiri puing-puing kios pedagang hangus terbakar.

Di depan sebuah kios cabai merah yang terbakar, Anies berdialog dengan beberapa pedagang yang kiosnya menjadi korban kebakaran. Dia menyampaikan rasa simpatinya kepada para pedagang. "Yang sabar ya, pak," kata Anies kepada seorang pedagang.

Selain dengan pedagang, Anies juga berdialog dengan pihak PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar Kramat Jati.

"Saya melihat di sini lokasi kebakaran. Kami turut berduka cita dan simpati kepada teman pedagang yang mengalami musibah ini. Saya sampaikan tadi yang sabar dan Insya Allah segera recovery," tambahnya.

Anies memahami bagaimana musibah kebakaran ini terasa sangat berat bagi pedagang. Terlebih saat ini merupakan momen di mana pedagang sedang menambah persediaan untuk logistik Idul Fitri.

"Kalau dari segi aset inventory-nya lagi gede pas terjadi kebakaran karena mendekati lebaran," kata Anies.

Menurut Mantan Mendikbud itu musibah kebakaran memiliki pelajaran tersendiri yang harus dipahami pengelola pasar dan pedagang. Khususnya mengenai mitigasi bencana kebakaran dan pencegahanannya.

"Musibah ini punya pelajaran bahwa mitigasi itu penting terutama pengaturan listrik," kata pasangan dari Sandiaga Uno.

Mitigasi terhadap kelistrikan memang merupakan hal kecil. Namun hal ini menjadikan keselamatan aset sangat penting.

"Begitu safety bermasalah urusan yang lain rusak dan ini pelajaran bagi semua pasar. Pedagang pastikan listriknya mati kalau tokonya ditutup. Pastika alat-alat berpotensi kebakaran berfungsi tanpa kontrol kemudian merokok pastikan aman dan jangan membuang sembarangan," tuturnya.

Selain itu, Anies mengapresiasi langkah PD Pasar Jaya yang bertindak cepat untuk mempersiapkan lapak berjualan sementara yang terletak tak jauh dari lokasi kebakaran. Lapak tersebut direncanakan selesai dibangun dalam seminggu. Namun PD Pasar Jaya memiliki target, kios rampung dalam 2-3 hari.

"Kita apresiasi PD Pasar Jaya mempersiapkan lapak berjualan sementara yang tidak jauh dari lokasi sehingga dengan begitu pembeli yang sudah berlangganan bisa menemukan kembali langgannya dengan mudah," kata Anies.

(T.S035/B015)

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017