Jakarta (ANTARA News) - Aktor Nicholas Saputra berharap ada semakin banyak kompetisi yang ditujukan untuk para sineas Indonesia demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia Tanah Air di bidang perfilman dan serial.

"Makin banyak kompetisi, makin banyak regenerasi, jumlah film dan serial makin banyak, kompetisi makin tinggi, kualitas makin baik," ujar Nicholas di konferensi pers HOOQ Filmmakers Guild di Jakarta, Senin.

Nicholas Saputra dan sutradara Mouly Surya jadi juri dari Indonesia yang akan menentukan naskah terbaik dari kompetisi itu untuk ditayangkan di layanan video on demand HOOQ.

Naskah adalah cetak biru untuk setiap produksi layar lebar maupun layar kaca. Karya terbaik dibuat setelah melewati proses revisi berkali-kali hingga hasilnya matang dan siap dieksekusi.

"Untuk film saja bisa sampai bikin sembilan draft, banyak diubah setelah melalui proses diskusi," katanya.

Beberapa kali menjadi juri kompetisi film, Nicholas mengaku senang bisa melihat ide-ide unik dan baru dari sineas lokal mau pun negara-negara tetangga.

Untuk kompetisi kali ini, Nicholas akan mencari naskah terbaik untuk diwujudkan ke dalam bentuk serial.

Cerita menarik dan pengembangan karakter adalah modal dalam membuat sebuah serial yang punya ruang lebih besar ketimbang film. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017