Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya Pancasila dipahami dengan substansi yang menyeluruh agar ideologi negara tersebut tidak malah dipakai untuk memisah-misahkan sesama anak bangsa.

"Pancasila harusnya jadi jembatan yang mempersatukan. Jangan malah menjadi tembok yang memisah persaudaraan. Kita semua Pancasila," katanya dalam bedah buku Pancasila-isme dalam Dunia Pendidikan karya Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Warsono di Surabaya, Senin.

Acara dilaksanakan di aula utama kampus Unesa yang turut dihadiri Wakil Gubernur Saifullah Yusuf dan dihadiri ratusan mahasiswa Unesa dan Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jawa Timur.

"Perilaku Pancasila dicontohkan pemimpinnya. Keteladanan dimulai dari penyelenggara negara. Keteladanan ini yang akan menjadi panutan untuk rakyat," ujar Zulkifli, seperti dilansir dari siaran pers MPR.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyebut kehadiran Zulkifli dalam acara bedah buku itu bisa menjadi inspirasi. 

"Membahas Pancasila dalam pendidikan sangat penting karena dalam pendidikan berkembang paham-paham di luar Pancasila," katanya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017