Athena, Yunani (ANTARA News) - Satu orang tewas dan 11 orang lagi cedera ketika gempa bumi dengan kekuatan 6,1 pada Skala Richter mengguncang Laut Aegea di Yunani Timur pada Senin (12/6), kata Pemerintah Yunani.

Seorang perempuan berusia 45 tahun ditemukan tewas oleh petugas pemadam di reruntuhan rumah di Desa Vrisa di Pulau Lesvos, kata pemerintah setempat.

Kerusakan besar telah dilaporkan di Desa Vrisa di bagian selatan Lesvos.

"Separuh desa telah rusak parah dan banyak rumah telah ambruk," kata Nikos Karasavvas, Wakil Wali Kota Lesvos Urusan Lingkungan Hidup dan Keadaan Darurat --yang dikutip Kantor Berita Yunani, AMNA.

Gempa tersebut juga mengakibatkan kerusakan pada beberapa rumah lain di Lesvos serta Pulau Chios, yang berdekatan.

Athens Institute of Geodynamics mengatakan pusat gempa berada di laut, sekitar 45 kilometer di sebelah selatan Pulau Lesvos.

Gempa kuat tersebut, yang mengguncang pada siang hari, dirasakan di Ibu Kota Yunani, Athena, kata Xinhua, Selasa pagi. Ada gempa susulan dengan kekuatan dari 4,6 sampai 3,6 pada Skala Richter.

Wakil Menteri Perlindungan Warga Nikos Toskas dan Sekretaris Jenderal Perlindungan Sipil Giannis Kapakis bertolak ke Lesvos dengan naik helikopter untuk mengkoordinasikan upaya pertolongan, kata AMNA.

Kedua pejabat itu didampingi oleh pejabat dari Unit Khusus Tanggap Bencana Yunani (EMAK).

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017