Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia ditutup melonjak pada Selasa, dengan sektor perbankan mendorong kenaikan besar untuk indeks, ketika aksi jual saham teknologi di luar negeri menyebabkan uang masuk ke pasar lokal.

Di pasar, indeks utama S&P/ASX 200 utama naik 95,00 poin atau 1,67 persen menjadi berakhir di 5.772,80 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas juga naik 86,30 poin atau 1,51 persen menjadi ditutup pada 5.801,80 poin.

Michael McCarthy, kepala strategi pasar di CMC Markets sangat yakin pada pergerakan naik, dan mengatakan bahwa ini adalah "hari besar" untuk pasar Australia.

"Gerakan yang sangat kuat dari pasar, dan istirahat penuh untuk pelemahan yang telah kita lihat selama dua minggu terakhir," kata McCarthy.

Pakar pasar mengatakan ada beberapa rotasi besar di pasar global, dan ini menyebabkan kenaikan luar biasa di indeks ASX pada Selasa.

"Ketika ada penjualan turun seperti di saham-saham teknologi AS, sebagian dari uang itu masuk ke pasar lain," kata McCarthy.

"Memang terlihat seperti kita memiliki tingkat partisipasi internasional yang masuk akal di pasar saat ini."

Ada pemenang di seluruh papan di lantai perdagangan hari ini, dengan Bluescope Steel melonjak 4,83 persen, Sonic Healthcare melompat 3,38 persen lebih tinggi, sementara Ansell juga melonjak 3,89 persen.

Meski mengalami kenaikan secara keseluruhan, ada beberapa saham yang tergelincir seperti raksasa pizza Dominos kehilangan 2,07 persen, operator telekomunikasi Vocus terpukul lagi, turun 1,89 persen, sementara Carsales.com juga turun 1,41 persen.

Di sektor perbankan, Commonwealth Bank menguat 2,27 persen, Westpac melonjak 2,62 persen, ANZ meningkat 2,20 persen, sementara National Australia Bank naik 2,25 persen. .

Para penambang adalah satu dari sedikit sektor yang mengecewakan hari ini, dengan BHP menguat lebih tinggi dengan kenaikan 0,34 persen, Rio Tinto turun 0,86 persen, Fortescue mengalami pukulan berat, jatuh 2,98 persen, sementara Newcrest hampir berhasil mengalahkan tren tersebut, mencatat kenaikan 0,09 persen

Di sektor minyak dan gas, Woodside Petroleum menguat 1,62 persen, Santos melonjak 2,56 persen, sementara Oil Search yang fokus di PNG berhasil mengumpulkan keuntungan 1,03 persen.

Perusahaan makanan Woolworths mengakhiri hari ini 0,31 persen lebih tinggi, sementara saingannya Wesfarmers mengungguli mereka, membukukan kenaikan 1,42 persen.

Raksasa bioteknologi raksasa CSL, yang baru saja mengakuisisi Ruide milik Tiongkok membukukan kenaikan 1,67 persen, pemimpin telekomunikasi Telstra berakhir 0,11 persen lebih rendah, sementara maskapai Qantas terus berlari dengan kenaikan 0,66 persen.

Pada pukul 16.25 waktu setempat, satu dolar Australia dibeli 75,53 sen AS, sementara minyak mentah diperdagangkan pada 46,30 dolar AS per barel.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017