Bill-Mellinda Gates Foundation punya komitmen untuk mendukung implementasi keuangan inklusi dan menunjuk MicroSave untuk itu membantu Kemensos."
Jakarta (ANTARA News) - Bill and Mellinda Gates Foundation mendukung Kementerian Sosial dalam pengembangan keuangan inklusi bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH).

"Bill-Mellinda Gates Foundation punya komitmen untuk mendukung implementasi keuangan inklusi dan menunjuk MicroSave untuk itu membantu Kemensos," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut Mensos mengatakan, dukungan yang diharapkan antara lain untuk membangun resolusi komplain, "training manajerial" bagi pengelola E-warong, serta dukungan monitoring dan evaluasi.

Dukungan tersebut menurut Khofifah sangat diperlukan mengingat penerima bansos non tunai PKH akan ditambah menjadi 10 juta penerima pada 2018.

"Bansos non tunai PKH per Juni ini 100 persen penerimanya yaitu enam juta penerima manfaat sudah menerima non tunai," tambah Khofifah.

Dikatakan Mensos, yayasan milik suami istri miliarder Bill dan Melinda Gates ini menyatakan dukungan yang diberikan meliputi penguatan kapasitas penerima bansos non tunai dalam hal ini Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Manajer Direktur MicroSave Graham AN Wright mengatakan pemerintah Indonesia telah melakukan langkah signifikan dalam hal inklusi keuangan. Pemerintah, lanjutnya, telah secara efektif melakukan transfer dana bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat dengan baik.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017