Bandung (ANTARA News) - Seluruh personel dinas perhubungan baik di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota diminta untuk ramah seperti murah senyum kepada pemudik saat bertugas melayani arus mudik dan balik Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 Masehi.

"Sebagaimana diamanatkan oleh Pak Menhub, petugas harus ramah itu harus karena bagaimana pun juga kita pelayan masyarakat," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan yakni Buyung Lalana, usai memimpin Apel Gelar Pasukan Lebaran 2017 di Halaman Gedung Sate Bandung, Selasa.

Ia menuturkan Menteri Perhubungan juga menginstruksikan kepada seluruh personel dinas perhubungan harus sigap dan siaga saat bertugas melayani arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

"Jadi petugas yang siaga nanti itu harus sensitif, Kalau melihat ada yang harus ditangani harus segera bertindak. Jadi selain ramah harus sigap juga," kata dia.

Menurut dia, melalui kegiatan apel tersebut pihaknya ingin menyamakan persepsi seluruh petugas dinas perhubungan yang diberikan tugas menjaga pelaksanaan arus mudik dan lebaran.

"Apel ini adalah konsolidasi dengan kawan-kawan dari kabupaten/kota untuk menyamakan pendapat, mempertegas tugas dan pengabdian kita khususnya dalam menghadapi kesiapan lebaran dan mudik," kata dia.

Selain itu, lanjut Buyung, melalui apel tersebut petugas dishub provinsi bisa bertukar informasi secara langsung dengan dishub kabupaten/kota terkait kesiapan arus mudik dan balik lebaran di daerahnya masing-masing.

"Contohnya kawan kita yang ada di Sukabumi bisa menjelaskan bagaimana situasi di sana, kemudian yang di Garut bisa saling bertukar informasi, terutama saat hari H lebaran itu akan terjadi pergerakan atau mobilitas besar," kata dia.

Ia menuturkan berdasarkan pengamatannya seluruh personil dinas perhubungan provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Barat yang bertugas terkait pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun ini dalam kondisi siap.

"Insya Allah secara umum siap dan dengan keterlibatan kepolisian, saya berterima kasih yang juga siap setiap saat membantu," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017