Tulungagung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 7 Madiun menggelar bakti sosial pasar murah dan penyaluran bantuan kelistrikan serta penyediaan sarana MCK (mandi cuci kakus) di pemukiman miskin sekitar Stasiun Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa.

Seremoni acara yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Ngunut tersebut dipimpin juga diisi oleh jajaran Daop 7 untuk menyampaikan sejumlah program keselamatan perjalanan kereta api kepada masyarakat penerima bantuan maupun tamu undangan yang hadir.

"Hari ini PT KAI dengan tema BUMN Hadir untuk Negeri menggelar bazar Ramadhan, pasar murah untuk warga miskin di wilayah Kecamatan Ngunut," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto dikonfirmasi di sela bazar Ramadhan.

Selain membagikan lebih dari 250 paket sembako kepada warga kurang mampu, Supriyanto menyatakan PT KAI wilayah Daop 7 juga menyalurkan bantuan pembangunan sarana MCK dan pemasangan listrik masing-masing untuk rumah tangga 10 KK/rumah tangga.

Total bantuan yang disalurkan melalui program CSR bertema BUMN Hadir untuk Negeri itu menurut Supriyanto total mencapai Rp134 juta.

"Mengapa kami pilih Ngunut, karena daerah ini berada di jalur KA wilayah selatan, sementara penunjukkan Tulungagung diputuskan oleh pusat," katanya.

Supriyanto menyatakan bahwa kegiatan CSR tersebut sebagai bentuk kepedulian PT KAI dengan menyisihkan sebagian keuntungan bagi kepentingan pembangunan manusia dan lingkungan secara berkelanjutan.

"Konsep inilah yang turut digalakkan oleh PT KAI (Persero) yang senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian sosial kepada masyarakat," katanya.

Supriyanto melanjutkan, simbiosis mutualisme ini terus digalakkan mengingat hubungan perusahaan dan masyarakat tidak dapat dipisahkan.

Ia mengatakan, lewat "corporate social responsibility", PT KAI secara concern dan konsisten melakukan berbagai program, baik dalam bentuk "community relations" maupun kemitraan dan bina lingkungan.

Berbagai upaya CSR yang dilakukan PT KAI demi memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah kerja PT KAI, kata Supriyanto.

Dengan begitu, diharapkan aksi sosial tersebut dapat berimbas pada adanya dukungan positif dari masyarakat bagi keberlangsungan operasional perkeretaapian dan berbagai aspek bisnis usaha PT KAI lainnya.

"PT KAI akan terus berkomitmen untuk turut memajukan bangsa lewat kontribusi nyata dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup," kata Supriyanto.

Pewarta: Destyan HS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017