... ini yang diubah tahun lalu baru selesai kalau tidak salah bulan ini. Perlahan-lahan kan, tiga atau empat kali. Jadi sekali lagi tidak ada kenaikan TDL...
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basyir, membantah ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada saat ini.

"Tidak ada kenaikan TDL, karena kenaikan TDL itu tidak bisa diputuskan PT PLN. Itu oleh pemerintah, harus izin DPR. Jadi tidak ada kenaikan TDL," kata Basyir, usai mengikuti acara pembayaran zakat melalui BAZNAS, di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, kenaikan yang terjadi adalah penyesuaian tarif daftar listrik terhadap pelanggan 900 Watt yang dicabut subsidinya.

"Nah ini yang diubah tahun lalu baru selesai kalau tidak salah bulan ini. Perlahan-lahan kan, tiga atau empat kali. Jadi sekali lagi tidak ada kenaikan TDL," kata Basyir.

Dia menyatakan, pencabutan subsidi untuk pelanggan 900 Watt karena faktanya mampu tapi subsidinya lebih besar dari orang miskin yang pelanggan 450 Watt. 


"Yang dulu saya cerita ada kos-kosan, punya mobil, ada AC segala macam, tapi waktu dia membayar itu subsidinya diberikan lebih besar daripada orang miskin," katanya.

Dia menjelaskan, orang miskin pemakaian listriknya lebih kecil dibanding pelanggan 900 Watt yang harusnya tidak disubsidi.

"Jadi lebih besar negara memberikan subsidi kepada yang 900 Watt. Padahal dia tidak layak untuk mendapatkan subsidi. Nah ini yang diubah tahun lalu," katanya.

Dengan perubahan ini, Sofyan Basyir mengatakan untuk subsidi pelanggan 450 Watt bertambah dari 15,5 juta menjadi 21 juta lebih.

Sofyan mengatakan untuk pelanggan 900 Watt yang mendapat subsidi diturunkan dari 22 juta, saat ini hanya tersisa empat jutaan. 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017