Jakarta (ANTARA News) - Dalam sambutannya pada pembukaan Jakarta Fair 2017 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengaku punya kenangan masa kecil dengan Jakarta Fair atau yang dia sebut Pekan Raya Jakarta.

"Saya sulit untuk tidak mengenang atau menyampaikan kenangan pada waktu saya kecil dari daerah saya datang ke Jakarta dan di sini lah tempat hiburan bagi keluarga dari berbagai daerah," ujar Enggartiasto, di Arena Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu malam.

"Dan, kita menikmati betul Jakarta Fair sejak dia ada di Monas, kemudian berpindah," sambung dia.

Menteri yang lahir di Cirebon, Jawa Barat, itu mengatakan bahwa Jakarta Fair merupakan sesuatu yang dinantikan pelaksanaannya oleh saudara-saudaranya di daerah.

"Karena banyak yang mereka bisa lihat, hiburan tetapi sekaligus juga ajang belanja dan melihat berbagai produk yang ada," kata dia.

Seiring berjalannya waktu, Enggartiasto melihat bahwa kegiatan pameran seperti Jakarta Fair lebih meningkat lagi karena terjadi transaksi bukan hanya retail, tetapi transaksi di antara pengusaha.

"Di dalam kegiatan pameran seperti inilah maka kita bisa menunjukkan berbagai hasil produk yang telah dibuat oleh kita, dan kemudian di sini lah terjadi transaksi," kata Enggartiasto.

Lebih dari itu, Mendag melihat Jakarta Fair mampu mendorong pasar domestik dan ekspor Indonesia.

"Kegiatan pameran seperti yang dilakukan Jakarta Fair ini kami percaya bahwa ini akan menopang atas kedua hal tadi yaitu domestik market dan ekspor kita," ujar Mendag.

"Dengan kegiatan yang dilakuakn di Jakarta Fair ini kita tentu mengharapkan ini sebagai barometer dari pameran produk yang tidak kalah dengan negara-negara lain dan saya mengharap dari tahun ke tahun, paling tidak, dari tahun depan, kita mengharapkan lebih meningkat lagi, hal-hal yang masih kurang tentu kita akan perbaiki," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017