Jakarta (ANTARA News) - Korea Utara mengatakan telah membebaskan warga negara Amerika Serikat Otto Warmbier "atas dasar kemanusiaan" setelah dipenjara selama 17 bulan.

Warmbier, 22, seorang mahasiswa University of Virginia dari pinggiran kota Cincinnati, dievakuasi secara medis ke Amerika Serikat pada Rabu. Keluarganya mengatakan dia tiba dalam keadaan koma.

Menurut Kantor berita Korea Utara KCNA, dalam satu kalimat pengiriman, disebutkan bahwa pembebasan Warmbier mengikuti keputusan pengadilan pada Selasa, dan tidak ada rincian keterangan lainnya.

"Di bawah keputusan Pengadilan Sentral Korea Utara pada 13 Juni, warga negara Amerika Otto Warmbier yang menjalani hukuman kerja, dikembalikan pada 13 Juni karena alasan kemanusiaan," kata KCNA.

Pembebasan dilakukan setelah Joseph Yun, utusan khusus Departemen Luar Negeri AS untuk Korea Utara, mengunjungi Pyongyang dan meminta pembebasan Warmbier atas "alasan kemanusiaan," menutup sekumpulan kontak diplomatik rahasia, kata seorang pejabat A.S.

Orang tua Warmbier, Fred dan Cindy, membenarkan bahwa anak laki-laki mereka sedang dalam penerbangan menuju rumah sakit.

Warmbier ditahan pada Januari 2016 dan dijatuhi hukuman 15 tahun kerja paksa pada Maret tahun lalu karena berusaha mencuri barang dengan slogan propaganda, menurut media Korea Utara.

Keluarga Warmbier mengatakan, mereka diberitahu oleh pejabat Korea Utara melalui kontak dengan utusan Amerika, bahwa Warmbier jatuh sakit akibat keracunan makanan beberapa waktu setelah ditahan pada Maret 2016 dan mengalami koma usai minum pil tidur, lapor Washington Post.

New York Times mengutip seorang pejabat senior AS, yang mengatakan Washington baru-baru ini menerima laporan intelijen bahwa Warmbier telah berulang kali dipukuli di dalam tahanan.

Pelepasan Warmbier dilakukan saat mantan bintang basket AS Dennis Rodman tiba di Korea Utara pada Selasa, di mana pada kunjungan sebelumnya dia  bertemu dengan pemimpin negara itu Kim Jong Un, demikian Reuters.

Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017