Kita terakhir kali menggelar Asian Games 55 tahun yang lalu. Jadi ini adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan identitas Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal meminta panitia penyelenggara Asian Games (AG) 2018 atau INASGOC melibatkan mahasiswa untuk menyukseskan kejuaraan empat tahunan di Jakarta-Palembang ini, salah satunya sebagai sukarelawan.

"Kita harus menjadi promotor yang baik. Pada kejuaraan ini kita juga harus mempromosikan Palembang. Makanya kami akan meminta INASGOC melibatkan mahasiswa," kata Menpora Imam Nahrawi di sela kuliah umum di UIN Raden Patah, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Menurut dia, Palembang secara resmi masuk sebagai lokasi Asian Games 2018 selain Jakarta. Bisa dipastikan kota ini akan menjadi pantauan internasional, untuk itu semuanya harus dipersiapkan dengan baik.

"Makanya kami meminta UIN menjadi bagian. Mahasiswa di sini harus bisa terlibat langsung pada perhelatan besar. Kita terakhir kali menggelar Asian Games 55 tahun yang lalu. Jadi ini adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan identitas Indonesia," katanya menambahkan.

Persiapan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang saat ini terus digalakkan. Perhelatan di Jakarta bakal dipusatkan di kompleks Gelora Bung Karno, untuk di Palembang akan dipusatkan di Jaka Baring Sport City.

Palembang saat ini terus berbenah termasuk penyediaan transportasi.

Anti-narkoba

Sementara itu, dalam acara kuliah tamu tersebut, pria kelahiran Bangkalan Madura itu tidak hanya membahas persiapan Asian Games 2018, namun juga beberapa hal, utamanya terkait pemberantasan narkoba terutama di kalangan perguruan tinggi.

Menpora pun turut menjadi saksi deklarasi Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba (GMAN) Dema UIN Raden Patah, Palembang. Lembaga ini nantinya akan berperan langsung dalam sosialisasi bahaya narkoba.

"GMAN harus terlibat secara nyata dalam pemberantasan narkoba. Selain itu harus juga bisa mengedukasi terkait dengan bahaya narkoba bagi masyarakat terutama di lingkungannya," kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

Selama kunjungan kerja di Palembang, Menpora Imam Nahrawi juga akan memberikan pembekalan pada acara Haflah Akhirussanah dan wisuda ke-50 Ponpes Al Ittifaqiayah, dilanjutkan dengan meninjau lokasi Politeknik Olahraga Sumatera Selatan dan pengukuhan kader inti pemuda anti narkoba.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017