Temanggung (ANTARA News) - Sebanyak 200 anggota Kepolisian Resor Temanggung, Jawa Tengah, mengamankan jalur pendakian di Gunung Sumbing pada malam ke-21 bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

Waka Polres Temanggung Kompol Dax Emmanuele di Temanggung, Kamis, menyebutkan dari sejumlah personel tersebutkan ditempatkan di tiga titik pendakian, yakni Kledung, Cepit Bulu, dan Tembarak.

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman tahun lalu, jumlah pendaki pada malam ke-21 Ramadhan di ketiga jalur tersebut mencapai sekitar 1.000 pendaki.

"Silakan mendaki, karena hal tersebut merupakan tradisi masyarakat. Namun, ingat para pendaki harus bisa menjaga keamanan masing-masing, karena naik gunung itu cukup rawan, apalagi pada malam hari," katanya.

Ia berharap jangan sampai ada kasus kecelakaan maupun hilang di gunung, maka masing-masing harus bisa menjaga diri dengan membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti jaket untuk mengantisipasi udara dingin di puncak.

"Mudah-mudahan semua berjalan lancar tidak ada gangguan apa pun dalam pendakian," katanya.

Menurut dia dari tiga titik jalur pendakian yang paling banyak pendaki melalui Jalur Cepit.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu, paling banyak pendaki melalui jalur pendakian Cepit, maka jumlah personel yang disiapkan untuk pengamanan paling banyak juga di jalur Cepit," katanya.

Ia menyebutkan jumlah personel yang disiapkan di jalur Cepit sekitar 100 orang, kemudian di Kledung 60 personel dan di Tembarak 40 personel.

"Jalur pendakian Tembarak tembarak paling sepi. Memang ada pendaki tetapi relatif kecil, jumlahnya sekitar 100 sampai 200 orang," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017