London (ANTARA News) - Klub pendatang baru di Liga Utama Inggris, Brighton Hove Albion, memecahkan rekor transfer klub dengan mendatangkan penjaga gawang asal Australia, Mathew Ryan, dari klub Spanyol Valencia.

Klub tidak menyebutkan nilai kontrak Ryan, hanya menyatakan pesepakbola berusia 25 tahun itu akan memperkuat klub berjuluk Seagulls tersebut dengan kontrak berjangka lima tahun setelah bermain di Piala Konfederasi 2017 bersama Timnas Australia.

Pemain kelahiran Sydney itu dipinjamkan Valencia ke klub Belgia, KRC Genk, menjelang akhir musim lalu.

"Saya gembira bisa menarik Mathew ke klub, dan dia pasti akan menjadi tambahan yang bagus untuk skuat," kata Chris Hughton, manajer Brighton, di situs resmi klub pada Jumat waktu setempat.

"Untuk seseorang pada usia Mathew, dia memiliki pengalaman yang sangat bagus, setelah bermain di divisi teratas di Australia, Belgia dan Spanyol," tambah Chris Hughton.

"Dia juga bermain di kompetisi Eropa dan tampil di tingkat internasional," ujar Hughton sebagaimana dikutip laman Sky Sports.

Ryan membuat debut untuk Timnas Australia pada 2012 dan dua tahun kemudian ia memainkan seluruh tiga pertandingan fase grup di Piala Dunia 2014.

Ryan pernah memperkuat Club Brugge, Belgia, kemudian pindah ke La Liga pada 2015 dan mengikat kontrak selama enam tahun dengan Valencia. Ia kemudian dipinjamkan ke Genk pada akhir musim 2017 dan akhirnya pindah ke Brighton menurut warta Skysports dan ESPN

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017