Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan manufaktur otomotif, PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengimbau para karyawan dan pekerja pabriknya untuk melakukan mudik lebaran bersama-sama demi meningkatkan keselamatan dalam perjalanan menuju kampung halaman masing-masing.

Pasalnya, menurut Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, jarak tempuh yang jauh kerap kali memiliki beban perjalanan yang lebih besar.

"Sekarang itu tantangannya bagaimana supaya libur lebaran itu aman, karena adik-adik yang berkerja itu kan kebanyakan masih muda, semua punya sepeda motor, tetapi rumahnya jauh-jauh," kata Warih saat ditemui ANTARA News di Pabrik TMMIN Karawang, Jawa Barat, Senin (12/6) lalu.

"Pengalaman kita kalau lebih dari 100 km itu harus lebih hati-hati lah. Makanya kami berharap kalau lebih dari 100 km supaya naik bus atau kereta. Itu yang kami usahakan," ujarnya menambahkan.

TMMIN, lanjut Warih, juga mengimbau para karyawan pabriknya untuk mudik bersama-sama, termasuk dengan mengkoordinir agar menyewa bus melalui koperasi pegawai.

"Kami ada mudik bersama juga, sedang dibahas, jangan naik motor. Kalau kost tidak punya tempat, sepeda motornya taruh kantor. Kalau ingin naik bus bareng-bareng bisa kontak koperasi," kata Warih.

"Asalkan jangan besok pulang hari ini baru kontak koperasi," ujarnya menambahkan.

Semua itu, lanjut Warih, demi memastikan keselamatan para pekerja pabrik TMMIN baik di Karawang maupun Sunter.

"Bagaimana supaya teman-teman pulang kampung selamat, pulang ke sini juga selamat," pungkas Warih.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017