Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno menunaikan ibadah zakat di bulan Ramadhan 1438 H melalui salah satu konter Dompet Dhuafa yang ada di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan.

"Sandiaga Uno berzakat melalui konter Dompet Dhuafa di Plaza Senayan, pukul 14.30 WIB tadi," kata Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan melalui pesan singkatnya di Jakarta, Sabtu.

Imam mengatakan Sandiaga Uno menunaikan zakat fitrah dan zakat mal melalui Dompet Dhuafa sebesar Rp100 juta.

Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga amil zakat, infak dan sedekah mengalokasikan zakat yang dihimpun ke dalam empat bidang, yaitu kesehatan, ekonomi, pendidikan dan sosial lingkungan.

Menurut Imam, dana zakat yang dihimpun lembaganya bukan semata-mata disalurkan langsung tetapi dikelola untuk program pemberdayaan kaum dhuafa.

"Jadi tidak hanya untuk amal, tetapi juga pemberdayaan dengan tetap mengedepankan transparansi dan akuntabilitas," tuturnya.

Selama 23 tahun Dompet Dhuafa berdiri, Imam mengatakan penerima manfaat sudah mencapai 1,2 juta orang dengan tingkat keberhasilan mencapai 50 persen hingga 60 persen.

"Dengan program zakat untuk pemberdayaan dhuafa ini, telah terjadi proses peralihan dari sebelumnya penerima zakat atau mustahiq menjadi pembayar zakat atau muzakki," katanya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017