Jakarta (ANTARA News) - Timnas Rusia membuka gelaran turnamen Piala Konfederasi 2017 dengan kemenangan 2-0 atas Selandia Baru pada pertandingan pertama Grup A di Stadion Krestovskyi, Saint Petersburg, Sabtu (17/6).

Dua gol kemenangan Rusia tercipta akibat gol bunuh diri bek Selandia Baru, Boxall, pada babak pertama dan gol Fyodor Smolov pada babak kedua.

Kemenangan ini membuat tim asuhan Stanislav Cherchesov untuk sementara berada di puncak klasemen Grup A Piala Konfederasi 2017. Pada pertandingan kedua, Rusia akan menghadapi Portugal sedangkan Selandia Baru akan melawan Meksiko.

Pada jalannya laga, Rusia yang tampil dihadapan puluhan ribu pendukungnya di Saint Petersburg mengambil inisiatif menyerang melalui skema kombinasi dari sisi sayap dan penetrasi dari lini tengah.

Rusia berhasil membongkar pertahanan Selandia Baru pada menit ke-31 setelah Denis Glushakov yang lolos dari kawalan pemain Selandia Baru mendorong bola masuk ke gawang Selandia Baru.

Gol yang bermula dari umpan "satu-dua" Poloz itu tercatat sebagai gol bunuh diri pemain Selandia Baru, Boxall, karena bola sempat mengenai kaki saat ia berusaha membuang bola dari sepakan Glushakov.

Pada babak kedua Rusia tidak mengendurkan serangan. Kiper Selandia Baru, Marinovic, melakukan penyelamatan gemilang dari dua peluang emas striker Rusia, Poloz, pada menit 48 dan 53.

Namun, Selandia Baru dalam upayanya untuk bertahan akhirnya bobol juga setelah Fyodor Smolov mengelabuhi barisan pertahanan Selandia Baru kemudian masuk ke kotak penalti tanpa terkawal untuk melepaskan tendangan yang mengantar bola masuk ke gawang pada menit 69.

Gol itu bermula dari serangan kombinasi Fyodor Smolov dari lini tengah kemudian diberikan kepada Samedov yang melepaskan umpan silang dari sayap kanan kepada Smolov.

Selandia Baru bukan tanpa peluang, pada menit 77 Thomas nyaris memperkecil ketertinggalan namun upayanya berhasil digagalkan kiper Rusia Igor Akinfeev. Sundulan pemain bertahan, Smith, dari umpan sepak pojok juga tidak berbuah gol pada menit 83.

Lima menit sebelum pertandingan berakhir, Rusia mulai melambatkan tempo permainan dan skor 2-0 untuk kemenangan tim tuan rumah Rusia bertahan hingga laga usai, demikian FIFA.

(Baca: Jadwal pertandingan Piala Konfederasi 2017)

Susunan pemain:

Rusia (3-5-2):
Akinfeev; Kudryashov, Vasin, Dzhikiya; Samedov, Erokhin, Glushakov, Golovin, Zhirkov; Smolov, Poloz.
Cadangan: Smolnikov, Shishkin, Kambolov, Bukharov, Gabulov, Kutepov, Miranchuk, Marinato, Kanunnikov, Tarasov, Kombarov, Gazinskiy.

Selandia Baru (4-2-3-1): Marinovic; Boxall, Smith, Durante, Wynne; Colvey, McGlinchey; Barbarouses, Rojas, Thomas; Wood.
Cadangan: Brotherton, Tzimopoulos, Tuiloma, Smeltz, Moss, Patterson, Lewis, Ingham, Doyle, Rufer, Roux, Williams.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017