Jambi (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Provinsi Jambi mengimbau para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, agar jangan memaksakan mengemudikan kendaraannya jika dalam kondisi lelah dan mengantuk.

"Jangan dipaksakan karena akan berbahaya untuk keselamatan di jalan raya, dan saat berkendara itu sebaiknya kondisi badan harus benar-benar fit," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan (LLA) Dishub Provinsi Jambi Herlambang di Jambi, Minggu.

Bagi para pemudik yang melintasi Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) di Provinsi Jambi agar memanfaatkan area peristirahatan (rest area) yang telah di sediakan oleh pemerintah dengan sejumlah fasilitas untuk melayani arus mudik dan balik lebaran 1438 Hijriah.

Rest area yang disediakan di Jalinsum yang melintasi Provinsi Jambi itu yakni terdapat di jembatan timbang Km 38 Bukit Baling Kabupaten Muarojambi yang merupakan jalan lintas menghubungkan Jambi-Pekanbaru.

Selain itu ada juga rest area di jembatan timbang di Kabupaten Sarolangun yang merupakan jalur lintas Sumatera yang menghubungkan Jambi-Sumatera Barat.

"Jadi jembatan timbang itu dijadikan rest area, pemudik bisa memanfaatkannya untuk melepas lelah karena memang fungsi utamnya untuk istirahat," kata dia.

Selain itu para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga diminta agar senantiasa mengecek kendaraanya sebelum berangkat melakukan perjalanan ke kampung halaman.

"Mengecek secara detail kendaraannya seperti kondisi remnya, lampu, kondisi ban serta perangkat lainnya harus benar-benar dicek," katanya menjelaskan.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya menurut Herlambang, sangat dibutuhkan peran masyarakat untuk menjadi pengguna jalan yang baik dengan menaati peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.

"Peran serta masyarakat sangat penting dalam mengutamakan keselamatan di jalan untuk menghindari risiko kecelakaan tersebut," katanya menambahkan.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017