Merak (ANTARA News) - Penumpang Pelabuhan Merak, Banten pada H-8 atau Minggu (18/6) menembus 49.680 orang dan kendaraan 10.850 unit.

Manager Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Rudy Mahmudi di Merak, Minggu, mengatakan, berdasarkan laporan dari pukul 20.00 sampai dengan 08.00 WIB jumlah pemudik H-8 tercatat 49.680 orang terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 8.927 orang dan penumpang dalam kendaraan 40.753 orang.

Sedangkan, jumlah kendaraan sebanyak 10.850 unit terdiri dari roda dua 4.070 unit dan roda empat lebih 6.784 unit.

Saat ini, jumlah penumpang lebaran mengalami peningkatan dibandingkan H-9 atau Sabtu (17/6).

Kemungkinan penumpang pejalan kaki dan kendaraan yang hendak menyeberang Pelabuhan Bakauheni Lampung terus berdatangan pada malam hingga dinihari.

Sebab, mereka para pemudik Lebaran lebih memilih berangkat pada malam dibandingkan siang hari.

ASDP Merak mengimbau pemudik lebaran lebih baik keberangkatan dilakukan siang hari guna kelancaran lalu lintas.

"Kami menjamin semua penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar," katanya.

Sejumlah penumpang pejalan kaki mengatakan mereka para pemudik memilih berangkat siang hari untuk menghindari terik panas matahari.

Sebab,berangkat malam hari suasananya dingin.

"Kami sudah lima kali mudik berangkat malam hari karena cuaca tidak panas," kata Sumarno (45) seorang pemudik bertujuan Metro Lampung.

Berdasarkan pantauan, Minggu malam, penumpang pejalan kaki maupun penumpang kendaraan mulai di Pelabuhan Merak mulai meningkat dibandingkan siang hari.

Bahkan, enam dermaga mulai didatangi kendaraan dari berbagai daerah di Pulau Jawa yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung.

"Selama ini kondisi penyeberangan Merak-Bakauheni, tampak lancar," kata Yanto, seorang petugas pengatur lalu lintas dermaga.

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017