Stockholm, Swedia (ANTARA News) - Pelari Kanada Andre De Grasse menjuarai lari 100 meter dengan catatan waktu 9,69 detik pada turnamen Diamond League di Stockholm, Minggu waktu setempat.

De Grasse akan menjadi saingan utama raja sprinter asal Jamaika, Usain Bolt, pada kejuaraan atletik dunia Agustus nanti. De Grasse melewati lima sprinter lainnya yang semuanya berlari di bawah catatan waktu 10 detik.

Peraih medali perak Olimpiade pada nomor 200m itu sejauh ini menjadi pelari tercepat tahun ini. Dia dibantu dorongan angin berkekuatan 4,8 meter per detik atau dua kali dari batas yang diizinkan 2 meter per detik.

De Grasse yang juga menjuarai 100 meter di Diamond League Oslo Kamis pekan lalu, menekankan ancaman dia untuk Bolt di London Agustus mendatang, setelah terpaut 0,15 detik di atas pelari Pantai Gading Ben Youssef Meite yang menempati urutan kedua dan 0,2 detik di depan pelari Jamaika Ryan Shields yang menduduki urutan ketiga.

"Saya terkejut manakala menyaksikan catatan waktu di papan skor. Saya hanya ingin berlari di bawah batas 10 dan saya tak merasakan lari secepat itu," kata pelari berusia 22 tahun itu seperti dikutip Reuters. "Ini adalah waktu tercepat saya berlari."



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017