Jakarta (ANTARA News) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Herry Suhardiyanto meresmikan Masjid Alumni IPB di Bogor, Minggu, sekaligus menggelar buka puasa dan santunan kepada yatim piatu serta kaum dhuafa.

Dalam siaran pers di Jakarta, Senin, peresmian masjid juga dihadiri Ketua Umum Himpunan Alumni IPB Dr Bambang Hendroyono sekaligus menandatangani prasasti.

Herry mengapresiasi seluruh donatur yang terlibat dalam pembangunan Masjid Alumni IPB.

Pihaknya terutama menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menjadi donatur utama.

"Harapannya keberadaan Masjid Alumni IPB yang berada di pusat keramaian kota bisa menjadi tempat ibadah yang representatif untuk warga Bogor," ujarnya.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Alumni IPB Iman Hilman berharap Masjid Alumni IPB mampu menjadi pusat ibadah dan dakwah di Bogor.

Selain menjadi tempat ibadah, Iman menyatakan masjid itu juga dapat dijadikan lokasi melakukan kajian Islam yang damai dan mencerahkan, terutama para alumni.

"Semua alumni IPB yang beragama Islam mempunyai hak melakukan pengelolaan dan penyelenggaraan kajian di masjid. Tidak ada keterkaitan pengurus Masjid Alumni IPB dengan kelompok tertentu atau didominasi oleh kelompok tertentu," ujarnya.

Masjid Alumni IPB dibangun pada 2012 oleh HA IPB secara swadaya.

Anggaran Pembangunan Masjid Alumni IPB diperkirakan mencapai Rp9 miliar yang berasal dari alumni, masyarakat Bogor dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pengurus dan pengelolanya adalah para alumni IPB yang peduli membangun umat dan memakmurkan keberadaan masjid.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017