Minggu, 22 Oktober 2017

Kalahkan PBFC 1-0, PSM kembali puncaki klasemen

| 4.642 Views
Kalahkan PBFC 1-0, PSM kembali puncaki klasemen
PSM Makassar (id.wikipedia.org)
Makassar (ANTARA News)- Tuan rumah PSM kembali memuncaki klasemen sementara usai mengalahkan Pusamania Borneo FC (PBFC) dengan skor 1-0 dalam lanjutan kompetisi Liga 1 di Stadion Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Senin malam.

Gol-satu-satunya yang tercipta namun sudah cukup untuk kembali mengkudeta Madura United dari pucuk pimpinan klasemen sementara Liga 1 itu dipersembahkan Reinaldo Elias da Costa melalui tendangan penalti pada menit ke-65.

PSM dengan kemenangan penting malam ini membuat poinnya bertambah menjadi 23 atau unggul satu angka dari Madura United yang sebelumnya tampil sebagai penguasa klasemen.

Untuk jalannya pertandingan, ambisi memenangkan pertandingan kandang sekaligus mengangkat posisi PSM ke puncak klasemen sementara membuat tim "Juku Eja" tanpa ragu untuk langsung menyerang sejak peluit dibunyikan.

Upaya untuk mencetak gol nyaris terwujud melalui kaki pemain muda PSM Romario ketika pertandingan baru berjalan semenit. Sayang tendangan kerasnya usai mendapatkan umpan terobosan dari Marc Anthony Klok masih bisa diblok pemain belakang PBFC.

Lahirnya peluang awal membuat tim tuan rumah semakin bersemangat untuk melancarkan serangan ke jantung pertahanan PBFC.

Pada menit ke-8, PSM kembali mendapatkan dua peluang beruntun melalui tendangan Willem Jan Pluim dan Klok yang secara bergantian melakukan sepakan keras meski keduanya berhasil diblok oleh penjaga gawang PBFC yang dikawal Muhammad Ridho.

Tendangan bebas Willem Jan Pluim dimenit 10 kembali nyaris berbuah gol. Sayang tendangan bebas dari luar kotak penalti PBFC sedikit diatas mistar gawang PBFC.

Dua menit berselang, Marc Anthony Klok kembali membuka peluang dengan tendangan kerasnya. Namun lagi-lagi penjaga gawang PBFC kembali mampu melakukan penyelamatan penting dan membuat skor tetap tidak berubah.

Sementara untuk PBFC sendiri pada babak pertama memang terlihat begitu kesulitan menembus pertahanan PSM yang dikawal Steven Paulle dan kapten PSM Hamka Hamzah.

Bahkan penjaga gawang PSM Syaiful terlihat belum pernah melakukan penyelamatan atau bekerja keras hingga wasit meniup pluit tanda berakhirya babak pertama masih dengan kondisi skor 0-0.

Memasuki babak kedua, konsentrasi penyerangan terus dilakukan kubu tuan rumah. Willem Jan Pluim langsung memberikan teror awal dengan tendangan keras dari luar kotak penalti meski hanya tipis dari sisi kanan tiang gawang PBFC.

Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar akhirnya bergemuruh menyambut gol penalti dari Reinaldo Elias da Costa pada menit ke 65 sekaligus mengubah skor menjadi 1-0.

Penalti diberikan wasit setelah penjaga gawang PBFC Muhammad Ridho atas M Rahmat di dalam kotak penalti pada menit ke-64. Reinaldo yang dipercaya sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Tim kebanggaan masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan itu kembali mendapatkan sejumlah peluang termasuk tendangan Pluim dari tengah lapangan meski masih sedikit diatas mistar gawang PBFC meski skor tetap tidak berubah 1-0 untuk kemenangan PSM Makassar. 

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga