London (ANTARA News) - Juara Wimbledon dua kali Petra Kvitova memulai musim lapangan rumputnya dengan start positif dengan kemenangan 6-2, 6-3 atas kompatriotnya Tereza Smitkova di Aegon Classic di Birmingham, Inggris, pada Selasa.

Kvitova, juara Wimbledon pada 2011 dan 2014, kembali bertanding setelah absen lama menyusul serangan dengan menggunakan pisau terhadap dirinya di rumahnya di Republik Ceko pada Desember.

Satu-satunya penampilan petenis 27 tahun itu pada tahun ini adalah di Prancis Terbuka, di mana ia kalah pada putaran kedua namun ia berharap dapat memperbaiki penampilannya sebelum Wimbledon pada Juli.

Kvitova memerlukan waktu satu jam 23 menit untuk menaklukkan Smitkova (22), yang menghuni peringkat 167 dunia.

Petenis Ceko itu akan berhadapan dengan petenis Britania Naomi Brody pada putaran selanjutnya, setelah ia mengalahkan petenis Prancis Alize Cornet.

Petenis Britania peringkat tujuh dunia Johanna Konta mampu bangkit dari tertinggal 2-5 pada set kedua, untuk menaklukkan petenis Ukraina Lesia Tsurenko pada pertandingan pembukaannya.

Konta, runner up di ajang WTA Nottingham pada Minggu, memenangi set pembukaan dengan skor 6-3 saat melawan petenis peringkat 34 dunia Tsurenko, namun petenis Ukraina itu mampu membalas dengan baik.

Harapan Britania untuk memenangi gelar putri Wimbledon untuk pertama kalinya sejak Virginia Wade mengukir prestasi serupa pada 1977, tertinggal satu game pada set kedua namun mampu bangkit pada kedudukan 3-5 dan memenangi tiebreak 8-6.

Konta akan menghadapi pemenang pertandingan sesama petenis AS antara Coco Vandeweghe dan Christina McHale, demikian Reuters.

(H-RF/D011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017