Jakarta (ANTARA News) - Pekerja dan perusahaan kini bisa mendaftar kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan ke Bank Bukopin setelah BPJS Ketenagakerjaan dan Bukopin menandatangani nota kesepahaman di bidang Service Point Office.

Siaran pers BPJS Ketenagakerjaan yang diterima di Jakarta, Rabu, menginformasikan bahwa sebelumnya BPJS-TK juga sudah bekerjasama dengan Bank BRI, Mandiri, BNI, BTN, dan Bank BJB dalam layanan Service Point Office (SPO) itu.

SPO merupakan kerja sama mutualisme antara BPJS Ketenagakerjaan dengan pihak perbankan dalam memberikan layanan kepada peserta dan calon peserta jaminan sosial melalui outlet bank mitra.

Pihak bank juga melayani pembayaran iuran bulanan peserta, dan pengambilan klaim Jaminan Hari Tua dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif, dan Direktur Komersial Bank Bukopin Mikrowa Kirana, di Recruitment & Training Center Bank Bukopin, Jakarta, Selasa (19/06).

"Kerja sama ini akan sangat membantu pelayanan kami jika cabang kami tidak terjangkau, peserta bisa datang ke bank yang telah bekerjasama, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BJB, dan ditambah sekarang dengan Bank Bukopin," ujar Krishna.

Penandatanganan MoU ini merupakan wujud nyata dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pekerja yang tersebar di seluruh Indonesia, agar terlindungi dari risiko kerja seperti kecelakaan kerja, kematian, kehidupan hari tua dan pensiun

"Kami harap kerja sama ini juga untuk memperluas jaringan penyebaran informasi tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan," ujar Krishna lagi.

Sedangkan Mikrowa menyatakan Bank Bukopin tidak ingin hanya bisa melayani dalam pembayaran saja, namun juga bisa menjaring kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program pemerintah.

Diharapkan proses ini dapat berjalan lancar dan SPO Bank Bukopin dapat beroperasi penuh pada bulan Agustus 2017 nanti di 17 unit kerja yang ada di wilayah DKI Jakarta, dan ke depan akan menyusul di seluruh 70 unit kerja Bank Bukopin yang ada di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat menjalankan optimalisasi pelayanan kepada peserta maupun calon peserta," ujar Krishna.

Pewarta: Erafzon SAS
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017