Jakarta (ANTARA News) - Google Doodle pada Kamis pekan ini merayakan ulang tahun ke-117 seniman visual dan pembuat film Oskar Fischinger.

Di dunia desain, Fischinger tampil sebagai sosok yang terkenal terutama di bidang gerak grafis dan animasi. Dia kondang karena kemampuannya menggabungkan visual abstrak dengan iringan musik

"Seorang master gerak dan warna, Fischinger menghabiskan waktu berbulan-bulan - terkadang bertahun-tahun - merencanakan dan membuat animasi," tulis Google menjelaskan sosok Fischinger.

Ketika membuka laman utama mesin pencari itu pengguna akan masuk dalam halaman bertuliskan "Musik tidak hanya berupa suara. Dalam dunia visual, musik hadir dalam bentuknya sendiri," - Oskar Fischinger, 1951.

Kemudian, tulisan tersebut berubah dengan tulisan "Klik di sekitar untuk membuat komposisi visual musik Anda Sendiri."

Laman tersebut kemudian menampilkan titik titik yang ketika diklik akan menghasilkan nada sekaligus menampilkan warna warni.

Di sebelah kiri terdapat pilihan kunci dan tempo yang dapat disesuaikan dengan komposisi musik yang ingin diciptakan. Tidak hanya itu, instrumen yang digunakan juga dapat diubah-ubah.

Meski dikenal luas karena karya filmnya, Google menjelaskan bahwa Fischinger juga seorang pelukis yang produktif, menciptakan banyak karya yang menangkap gerakan dan perasaan dramatis dari filmnya dalam bingkai tunggal.

Tidak puas dengan media tradisional, dia juga menemukan sebuah alat, Lumigraph, untuk menghasilkan tampilan kromatis yang fantastis dengan gerakan tangan - sejenis lukisan optik yang bergerak dan pendahulunya ke media interaktif dan permainan multi-touch saat ini.

"Jadi hari ini Doodle bertujuan untuk memberi penghormatan kepadanya, sambil membiarkan Anda membuat musik visual Anda sendiri. Saya harap ini mengilhami Anda untuk mencari keajaiban Fischinger untuk Anda sendiri," tutup Google.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017