Doha (ANTARA News) - Emir Qatar pada Rabu (21/6) menyampaikan ucapan selamat kepada Mohammed bin Salman, yang baru diangkat menjadi Putra Mahkota Arab Saudi, dan menyerukan "hubungan persaudaraan" antara kedua negara yang baru-baru ini terjebak dalam sengketa diplomatik pahit.

Media pemerintah negara Teluk kaya gas itu menyatakan bahwa Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani telah mengirim kabel ucapan selamat kepada kepemimpinan Arab Saudi.

Pesan tersebut dikirim ke Raja Salman "pada acara pemilihan Yang Mulia Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al-Saud sebagai Putra Mahkota" menurut Kantor Berita Qatar (Qatar News Agency/QNA).

Pernyataan itu juga mengungkapkan harapan "hubungan persaudaraan antara kedua negara yang bersahabat". Pesan ucapan selamat juga diunggah di media sosial.

Awal bulan ini, Arab Saudi dan beberapa negara sekutunya seperti Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutus semua hubungan dengan Qatar karena menuduh Doha mendukung ekstremisme.

Selain isolasi diplomatik, langkah lain yang diambil mencakup penutupan satu-satunya perbatasan darat Qatar dengan Arab Saudi. Qatar membantah tudingan mendukung ekstremisme.

Terlepas dari upaya Kuwait, Turki, dan Amerika Serikat memediasi, sengketa negara-negara Teluk sekarang sudah memasuki pekan ketiganya, demikian menurut warta kantor berita AFP. (kn)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017