Drone tersebut ditembak oleh Angkatan Udara Pakistan karena tidak dikenal ..."
Islamabad (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri Pakistan mengklaim militernya menembak jatuh pesawat tempur nirawak (drone) Iran di Provinsi Baluchistan barat daya, Rabu (21/6).

"Drone tersebut ditembak oleh Angkatan Udara Pakistan karena tidak dikenal dan terbang sekitar tiga hingga empat kilometer di dalam wilayah Pakistan," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Pesawat nirawak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) itu dilaporkan mulai terpantau terbang melintasi perbatasan pada Senin (19/6),dan diindikasikan pihak Teheran, Iran, terkait dengan aksi ilegal tersebut.

Provinsi Sistan-Baluchistan tenggara Iran, yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan, menjadi lokasi bentrokan bersenjata dalam beberapa bulan terakhir antara pasukan Iran dan militan Sunni.

Teheran pada April 2017 memprotes Pakistan atas serangan lintas batas oleh pemberontak bersenjata yang membunuh 10 penjaga Iran di tenggara yang bergolak.

Di Sistan-Baluchistan, pasukan keamanan juga sering bentrok dengan para penjual narkoba.

Provinsi ini terletak pada rute transit utama untuk opium dan heroin yang diselundupkan dari Afghanistan dan Pakistan ke Eropa, Timur Tengah dan Afrika, demikian laporan kantor berita AFP Prancis.


Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017