Bandung, Jawa Barat (ANTARA News) - Jalan tol Cipularang dan Purbaleunyi yang menghubungkan Cikampek dan Cileunyi relatif lancar sore ini.

Lalu lintas kendaraan di jalan tol Purbaleunyi baru mulai padat di kilometer 154, mendekati gerbang tol Cileunyi yang menuju ke arah Nagreg.

Kendaraan yang memadati jalanan itu kebanyakan mobil pribadi dan bus, terutama yang menuju Garut, Tasikmalaya, dan kota-kota di Jawa Tengah bagian selatan.

Kepadatan lalu lintas juga terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada pagi ini dan di sekitar jalan masuk menuju beberapa tempat istirahat.

Fasilitas kantung parkir di kilometer 18, 41, dan 58 tol Jakarta-Cikampek tidak dimanfaatkan oleh banyak pengguna jalan.

Arif, seorang pengguna jalan, mengatakan menempuh perjalanan selama hampir tiga jam dari Jakarta ke Cikampek.

"Tadi ada beberapa titik kemacetan, jalan sudah mulai ramai. Kira-kira saya tadi tiga jam perjalanan dari Jakarta sampai sini," kata Arif, yang berencana mudik ke Jawa Tengah,
ketika ditemui di area rihat kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek

Tempat-tempat istirahat di jalan tol Jakarta-Cikampek menyediakan fasilitas khusus untuk melayani para pemudik, di antaranya posko kesehatan dan gerai penjualan uang elektronik.

(Baca juga: PMI Sukabumi siapkan posko pijat gratis untuk pemudik)

Pengelola tol Jakarta-Cikampek memprediksi kendaraan mudik yang melintasi jalan itu memuncak pada Jumat (23/6), dua hari sebelum Lebaran.

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017