Karawang (ANTARA News) - Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memberlakukan sistem buka-tutup akses masuk rest area untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang memicu terjadinya kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Saat parkir di rest area tidak menampung kendaraan, kita menutup pintu masuk rest area," kata Kapolres setempat AKBP Ade Ary Syam Indradi, di Karawang, Jumat dini hari.

Ia mengatakan, pintu masuk menuju rest area baru akan dibuka kembali jika tersedia parkir untuk kendaraan pemudik. Itu seperti dilakukan di rest area Kilometer 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sepanjang Kamis (22/6) malam hingga Jumat dini hari petugas telah menerapkan beberapa kali sistem buka-tutup pintu masuk rest area.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi antrean kendaraan pemudik yang akan masuk ke rest area.

Sistem buka-tutup pintu masuk rest area diterapkan karena jika terjadi antrean kendaraan yang akan masuk ke rest area, maka antrean kendaraan itu akan "tumpah" ke jalan tol yang akhirnya memicu kemacetan di jalan tol.

Kapolres mengimbau agar pemudik tidak beristirahat di bahu jalan, karena itu membahayakan.

Ia juga menyarankan pemudik supaya beristirahat di rest area jalan tol berikutnya jika ada penutupan rest area yang akan disinggahi untuk beristirahat.

Pihak kepolisian dari Polres Karawang sebelumnya telah memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini terjadi pada Kamis (22/6) malam hingga Jumat (23/6).

"Peningkatan volume kendaraan memang terjadi cukup signifikan. Peningkatannya mencapai 50 persen hingga mengakibatkan kepadatan di beberapa titik jalan Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017