Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Pemerintah Lampung menjamin keamanan Terminal Rajabsa. Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, meminta pemudik tidak takut dan ragu untuk masuk dan bermalam di Terminal Rajabasa itu.

"Pemerintah terus berupaya agar terminal kelas A ini lebih nyaman dan dilengkapi dengan sarana yang lebih baik," kata dia, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, aejak diserahkan ke pemerintah pusat, pihaknya terus berkoordinasi dengan pusat untuk mengubah wajah Terminal Rajabasa menjadi moder, aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Menurutnya, pada mudik tahun lalu Terminal Rajabasa aman dan tidak ada suatu kejadian yang tak diinginkan.

"Konsepnya nanti seperti Terminal Tirtonadi Solo yang tampilannya seperti bandara. Untuk mewujudkannya, pemerintah provinsi beker jasama dengan pusat. Saya juga usulkan agar namanya diambil dari tokoh Lampung, seperti Zainal Abidin Pagaralam," katanya.

Jumlah bus kedatangan mencapai 6.428 penumpang dan 328 bus. Keberangkatan 13.429 penumpang dan 446 bus. Dari data tersebut, bus Sumatera mencapai 2.258 penumpang (77 bus AKAP) dan dari Jawa 6.638 penumpang (179 bus).

Sedangkan bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) diberangkatkan 4.170 penumpang (251 bus) dan kedatangan 6791 penumpang (267 bus).

Seperti tahun lalu, fasilitas menginap di Terminal Rajabasa, menurut Kepala Terminal Mustika Wati, dijaga 24 jam, sehingga pihaknya menjamin kenyamanan dan keamanan kepada pemudik.

Pewarta: Agus Sukarta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017