... Inilah kebhinnekaan yang kita perjuangkan...
Jakarta (ANTARA News) - Sinta Nuriyah Wahid, istri almarhum Presiden keempat Indonesia, KH Abdurrahman Wahid, mengajak semua pihak benar-benar mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan yang nyata dan menjaga kebhinekaan.

"Bhinneka Tunggal Ika harus ditingkatkan terus di tengah-tengah  masyarakat. Karena negara kita sedang terombang ambing karena ada yang menggoyang sehingga semua harus diperkuat lagi," kata Sinta saat memberikan ceramah pada acara yang diselenggarakan Taruna Merah Putih (TMP), sebut keterangan tertulis TMP, di Jakarta,Jumat.

Karena itu  ia selalu mengajak peserta dalam setiap acara untuk menyanyikan lagu Indonesia raya, kata Sinta pada acara dengan tema "Kita Genggam Erat Nilai Demokrasi dan Kebhinbekaan" yang digabung dengan buka bersama, Kamis (22/6).

Sinta bercerita sejak 17 tahun lalu ia menggagas sahur bersama dengan kelompok-kelompok yang selama ini termarginalkan. Di antaranya kaum miskin kota dan para pemulung.

Ia pula mengajak tokoh-tokoh lintas agama dalam program ini  sebagai rasa hormat dan cinta kasih kepada umat Islam sehingga kaum  muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

"Inilah kebhinnekaan yang kita perjuangkan," ungkap Sinta.

Dalam kesempatan ini, Sinta mengajak semua pihak untuk menjaga nilai-nilai Pancasila, di antaranya sila ketiga, Persatuan Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Umum DPP TMP, Maruarar Sirait, mengajak semua para hadirian dan terutama para aktivis gerakan mahasiswa untuk terus menjaga dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dia memuji Sinta Nuriyah Abdurahman Wahid yang menjadi pembicara tunggal dalam acara buka puasa bersama ini.

Menurut Sirait, Sinta Nuriyah merupakan sosok pemersatu bangsa, yang membuktikan kesetiannya pada Pancasila bukan semata dalam perkataan melainkan juga dalam perbuataan. Sinta Nuriyah, sebagaimana Gus Dur merupakan sosok penjaga Pancasila.

"Saya hormat betul kepada Ibu Sinta Ini. Beliau adalah pembela Pancasila lahir dan bathin. Dan ini terlihat dari perkataannya selama ini, juga dalam acara yang beliau selenggakan. Pergaulannya pun jelas menunjukkan bahwa beliau adalah menjaga Pancasila," kata dia.

Sirait tahu persis posisi Gus Dur dan Sinta Nuriyah dalam menjaga Pancasila sebab keluarga Gus Dur dan keluarga ayahnya, Sabam Sirait, sangat dekat.

"Ibu Sinta ini teladan yang sungguh-sungguh. Tidak banyak pemimpin yang menjadi teladan dalam Pancasila yang membuktikannya dalam kehidupan nyata," kata dia.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017